Konsep kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah dasar menurut Prof.Dr. Muhaimin, M.A : Studi atas pemikiran Prof.Dr. Muhaimin, M.A

Fathurohman, Fathurohman (2021) Konsep kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah dasar menurut Prof.Dr. Muhaimin, M.A : Studi atas pemikiran Prof.Dr. Muhaimin, M.A. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang mengutamakan nilai/moral merupakan sesuatu hal yang menarik untuk diteliti, penulis kemudian menemukan salah satu tokoh yaitu Prof, Dr. Muhaimin,M.A yang menjadi guru besar di UIN Malang, yang bergerak dalam pemikiran tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang mengutamakan pendidikan nilai/moral serta mempunyai stategi, metode dan implementasi yang berbeda yang lain, pemikiran Prof, Dr. Muhaimin,M.A tentang kurikulum pendidikan Islam bisa menjadi salah satu referensi bagi Guru dalam mendidik dan memberikan pelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1). Standar Isi kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar menurut Prof, Dr. Muhaimin, M.A. 2). Standar kompetensi lulusan dan tujuan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar menurut Prof, Dr. Muhaimin, M.A. 3). Standar Proses kurikulum pendidikan agama Islam anak di sekolah dasar menurut Prof, Dr. Muhaimin, M.A. 4) Standar evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar menurut Prof, Dr. Muhaimin, M.A. Berdasarkan teori pendidikan pembelajaran nilai/moral bahwa pendidikan nilai/moral adalah salah satu hal yang penting yang perlu dilakukan oleh guru terhadap peserta didik terutama saat Tingkat Sekolah dasar karena sedang dalam fase pembentukan nilai/moral. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif, Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), selanjutnya penelitian ini menggunakan metode analisis konten terhadap karya karya serta pemikiran dari Prof, Dr. Muhaimin,M.A , teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan dokumentasi, serta tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1). Standar Isi Kurikululum PAI di Sekolah Dasar yang di susun dari nilai-nilai yang terkandung dalam AL-Qur’an dan Al-Sunnah, serta mempunyai lima unsur pokok yaitu, Al Quran dan hadist, Aqidah, Akhlak, fiqih, serta sejarah. 2). Standar kompetensi lulusan Pai di SD adalah Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat surat pendek dalam Al Quran, berprilaku terpuji dan bertujuan untuk Mewujudkan manusia indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia 3) Pendidikan yang lebih mengutamakan nilai/moral dengan menggunakan stretegi yaitu strategi tradisional, bebas, reflektif, dan transinternal, serta menggunakan metode, yaitu metode dogmatik, deduktif, induktif; dan reflektif 4). Standar evaluasi menggunakan teknik tes dan non Tes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathurohman Fathurohman
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:24
Last Modified: 29 Mar 2021 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37875

Actions (login required)

View Item View Item