Pembinaan program Petuah Pesantren Sabtu Ahad) dalam mewujudkan sikap Zuhud siswa: Studi deskriptif pada siswa kelas XII MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Zulfikri, Albi Muhamad (2021) Pembinaan program Petuah Pesantren Sabtu Ahad) dalam mewujudkan sikap Zuhud siswa: Studi deskriptif pada siswa kelas XII MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Selama ini pendidikan di Indonesia, sangat berfokus untuk menngkatkan kemampuan berpikir, fisik dan teknis. Namun kurang memfouskan pada proses peningkatan kualitas hati, rohani dan akhlak. Berdasarkan studi pendahuluan MA Ar-Rosyidiyah memiliki sebuah Program Pembinaan Pesantren Sabtu Ahad yang memang berfungsi sebagai sarana dalam mendekatkan siswa kepada tuhan-Nya. Selain dari itu program tersebut memiliki tujuan untuk pembinaan rohani, qalbu dan akhlak termasuk sikap zuhud di dalamnya. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi pemahaman zuhud siswa MA Ar-Rosyidiah, mengeksplorasi pelaksanaan Pesantren Sabtu Ahad dalam membina sikap zuhud siswa, serta untuk mengetahui peran petuah dalam menanamkan sikap zuhud siswa MA Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini ditempuh menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan dengan wawancara mendalam kepada kepala sekolah, ketua tim pelaksana program pembinaan Pesantren Sabtu Ahad serta kepada para siswa untuk mengetahui pemahaman mereka tentang zuhud serta peran program tersebut terhadap diri siswa itu sendiri. Program Pembinaan Pesantren Sabtu Ahad adalah sebuah program pembinaan yang dilaksanakan setiap sabtu sampai dengan ahad yang bertujuan sebagai sarana bimbingan rohani siswa. Sedangkan Zuhud merupakan sikap sikap menjauhkan diri terhadap kesenangan dunia sehingga terhindar dari ambisi untuk memuaskan diri terhadap kenikmatan dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa sudah cukup baik sudah bisa memahami pengertian zuhud, ciri-ciri sikap zuhud, macam-macam sikap zuhud, faktor kemunculan zuhud serta penerapan sikap zuhud dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan Pembinaan Program Pesantren Sabtu Ahad di MA Ar- Rosyidiyah dilaksanakan pada pukul 17.00-07.00 WIB dimana pelaksanaanya berupa sholat berjamaah, sholat sunnah tahajud, sholawat, pembacaan asmaul husna dan materi keagamaan yang dilakukan dua kali saat malam dan setelah solat subuh. Serta diakhiri dengan absensi diakhir kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan; Pesantren Sabtu Ahad; Sikap Zuhud
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: albi Mz Albi Muhamad Zulfikri
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:02
Last Modified: 16 Mar 2021 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37849

Actions (login required)

View Item View Item