Penerapan metode Muhasabah dalam meningkatkan akhlak peserta didik pada pembelajaran PAI : Studi deskriptif pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya

Walidah, Cucu Furhatul (2020) Penerapan metode Muhasabah dalam meningkatkan akhlak peserta didik pada pembelajaran PAI : Studi deskriptif pada siswa kelas XII SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam mengatur seluruh aspek didalam kehidupan sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadist tak terkecuali akhlak. Akhlak dalam agama Islam jelas berperan penting dalam perkembangan dan keistiqamahan beribadah kepada Allah SWT. Salah satu cara yang dapat dilakukan seorang pendidik dilingkungan sekolah dalam meningkatkan akhlak peserta didik ialah dengan adanya penerapan metode pada proses pembelajaran. Adapun metode yang penerapannya melibatkan kesadaran mental atau jiwa peserta didik ialah Metode Muhasabah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode muhasabah dalam meningkatkan akhlak dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode muhasabah dalam meningkatkan akhlak peserta didik pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya; (3) Mendeskripsikan hasil penerapan metode muhasabah dalam meningkatkan akhlak peserta didik pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya. Penelitian ini di dasarkan atas pemikiran bahwa seorang pendidik mampu menerapkan metode muhasabah dalam meningkatkan akhlak, karena metode muhasabah yang menggunakan strategi evaluasi diri yang akan merangsang siswa dalam menyadari akhlaknya dan menjadikan pribadi yang lebih baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis (Description-analytical method). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi; (2) wawancara; (3) studi dokumentasi (4) studi literature (5) angket atau kuesioner. Selanjutnya analisis data dengan cara (a) koleksi data; (b) reduksi data; (c) penyajian data; (d) penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan metode muhasabah dilakukan secara berkesinambungan dan menjadi metode wajib dalam setiap pembelajaran disamping metode utama dalam penyampaian materi belajar. Penerapan metode dengan konsep muhasabah dan tujuannya untuk memperhitungkan atau intropeksi pada diri peserta didik dan pendidik (2) Faktor pendukung dalam penerapan metode muhasabah dalam pembelajaran PAI serta yang mempengaruhi pada hasil penerapannya ialah faktor lingkungan dan orientasi muhasabah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan metode muhasabah dalam pembelajaran PAI ialah keistiqamahan pendidik serta masalah yang dihadapi masing-masing peserta didik (3) Hasil dari penerapan metode muhasabah ialah adanya peningkatan secara keseluruhan pada akhlak peserta didik, atau dapat dikatakan akhlak peserta didik meningkat dengan kategori baik. Hal ini didukung dengan hasil data yang menunjukan angka 78,73% dari rata-rata seluruh aspek akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode pemberlajaran; Peserta Didik; ;Pendidikan agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cucu Furhatul Walidah
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:58
Last Modified: 16 Mar 2021 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37842

Actions (login required)

View Item View Item