Manajemen strategi Lembaga Amil Zakat dalam Mengelola Dana Zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jawa Barat Komplek Masjid Muhajidin Jl. Sancang no. 6 Bandung Jawa Barat 40262

Syafitri, Diana (2020) Manajemen strategi Lembaga Amil Zakat dalam Mengelola Dana Zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jawa Barat Komplek Masjid Muhajidin Jl. Sancang no. 6 Bandung Jawa Barat 40262. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

LAZISMU Jawa Barat sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesaian masalah (problem solver) sosial masyarakat yang berkembang, dalam hal ini diperlukan manajemen strategi dalam mengelola dana zakat, agar lembaga pengelola zakat memiliki budaya kerja yang profesional, transparan, dan amanah. LAZISMU Jawa Barat memiliki kepercayaan yang kuat dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti manajemen strategi yang terdiri dari tahap perumusan strategi, penerapan strategi, dan evaluasi di LAZISMU Jawa Barat, khususnya dalam mengelola dana zakat. Dalam meningkatkan kinerja pengelolaan dana zakat yang ada di lembaga mulai dari proses penghimpunan, pendistribusian, dan pendayagunaan dana, sudah seharusnya lembaga menerapkan manajemen strategi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi dari Riva’i dalam Eddy Yunus, yang terdiri dari tiga proses yaitu: (1) perumusan strategi, (2) penerapan strategi, (3) evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh yaitu: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi di LAZISMU Jawa Barat terdiri dari tiga proses: Pertama, perumusan strategi yang meliputi perumusan visi dan misi, analisis lingkungan internal dan eksternal dengan analisis SWOT, menentukan tujuan dan sasaran serta berakhir dengan penentuan strategi mengelola zakat yang sesuai dengan ketentuan syariah dan modern. Kedua, penerapan strategi yang meliputi pengorganisasian penggurus sehingga mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab, sinergi fungsional yang mengatur pelaksanaan program, pelaksanaan dan prosedur program pengelolaan dana zakat mulai dari pengumpulan zakat melalui metode langsung, jemput zakat, melalui bank dan E-Money, program pendistribusian yaitu: (1) Pilar I-Pendidikan, (2) Pilar II-Kesehatan, (3) Pilar III-Ekonomi, (4) Pilar IV-Dakwah, dan (5) Pilar V-Sosial Kemanusiaan, serta pendayagunaan zakat produktif. Ketiga, evaluasi strategi yang meliputi ketercapaian visi, misi, tujuan dan sasaran, ketercapaian pembuatan strategi, ketercapaian pengorganisasian, dan ketercapaian pelaksanaan program dan prosedur di LAZISMU Jawa Barat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi di LAZISMU Jawa Barat dalam mengelola dana zakat berhasil diterapkan. Dengan skala ketercapaian perumusan strategi, penerapan strategi, dan evaluasi strategi yaitu 80% hingga 90%. Sedangkan 20% hingga 10% proses perumusan strategi, penerapan strategi dan evaluasi strategi kurang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; LAZ; Penggelolaan dana zakat.
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Diana Syafitri
Date Deposited: 14 Mar 2021 21:57
Last Modified: 14 Mar 2021 21:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37780

Actions (login required)

View Item View Item