Prinsip-prinsip peran ayah terhadap pendidikan anak dalam tafsir Fathul Qadir karya Imam Asy-Syaukani : Analisis QS. Luqman 13-19

Umam, Muhammad Khairul (2020) Prinsip-prinsip peran ayah terhadap pendidikan anak dalam tafsir Fathul Qadir karya Imam Asy-Syaukani : Analisis QS. Luqman 13-19. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Paul Amato seorang sosiolog di Pennsylvania State University mengatakan bahwa kedekatan seorang ayah kepada anaknya, sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologinya, namun dari beberapa kasus terdapat kekeliruan mengenai peran ayah terhadap anak. Imam Asy-Syauqani adalah salah satu ulama sekaligus mufassir yang diakui keilmuannya, karya-karyanya begitu banyak dijadikan sebagai rujukan atas penetapan hukum pada zamannya, salah satu karyanya yang terkenal adalah Tafsir Fathul Qadir, tafsir ini cukup mudah untuk dipahami karena penafsirannya bersumber dari segi riwayah dan dirayah sehingga mudah untuk mengambil kesimpulan dari tema-tema tertentu dalam al-qur’an. Penafsirannya mengenai QS Luqman ayat 13-19 di jelaskankan secara detail dari berbagai sumber mengenai makna tekstual ayat tersebut sehingga mudah untuk memahami makna nasihat yang terkandung di dalamnya. Memahami peran ayah kemudian dipraktekan terhadap anak akan menjadikan sinergi peran seorang ayah dan ibu tercapai, kemudian menghasilkan pribadi anak yang lebih baik. Objek kajian ini adalah teks alquran yang berkaitan dengan ayah. Dalam Jurnal Muh Mu’ads Hasri yang membahas mengenai “Pandangan Alquran atas peran Ayah” terdapat tujuh ayat yang berkaitan mengenai peran ayah yaitu Qs. Luqman:13. Hud: 42. Albaqarah: 132. Qs. As-shaffat: 102. Yusuf: 4-5. Qs. At-tahrim:6 dan Al-baqarah(2):133. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kajian tafsir. Hasil penelitian ialah prinsip-prinsip peran ayah yang terdapat dalam QS Luqman, yang mana beberapa penelitian hanya menekankan point mengenai nasihat-nasihat Luqman, namun tidak menyinggung mengenai peran Luqman sebagai seorang ayah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fathul Qadir; Pendidikan; Peran; Prinsip;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: khoirul umam muhammad
Date Deposited: 11 Mar 2021 23:58
Last Modified: 11 Mar 2021 23:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37706

Actions (login required)

View Item View Item