Pengaruh tunjangan kinerja terhadap motivasi kerja pegawai Kasubag kepegawaian dan umum : Studi kasus pada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat

Ramadhan, Muhammad Irfan (2021) Pengaruh tunjangan kinerja terhadap motivasi kerja pegawai Kasubag kepegawaian dan umum : Studi kasus pada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu fungsi diberikannya tunjangan kinerja adalah agar pegawai terdorong dan termotivasi untuk dapat bekerja lebih baik dan meningkatkan produktivitas kerja pegawai. Akan tetapi, yang terjadi di Kasubag Kepegawaian dan Umum di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat kesadaran pegawai untuk bekerja secara optimal masih kurang. Walaupun tunjangan kinerja sudah diberikan, pegawai belum menunjukkan perubahan yang signifikan terhadap pekerjaannya. Pegawai belum menyadari tugas dan kewajibannya dengan baik, itu artinya pegawai tersebut belum menunjukkan motivasi yang baik dalam bekerja yang sudah menjadi tugas pokoknya sebagai PNS. Sehubungan dengan fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tunjangan kinerja terhadap motivasi kerja pegawai Kasubag Kepegawaian dan Umum di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Dalam penelitian ini mengacu pada teori tunjangan kinerja menurut Rivai dan Sagala untuk melihat sejauh mana tunjangan kinerja dapat memotivasi kerja pegawai yang dapat dilihat dari lima dimensi yaitu: tingkat kesesuaian kerja, tingkat kehadiran bekerja, kemampuan melaksanakan tugas, ketepatan waktu bekerja, besaran tunjangan kinerja. Dan penelitian ini juga menggunakan teori motivasi kerja menurut Malayu hasibuan untuk melihat indikator motivasi kerja pegawai yang dapat dilihat dari lima dimensi yaitu: Upah yang layak, Kesempatan untuk maju, Pengakuan sebagai individu, Tempat kerja yang baik, Pengakuan atas prestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel sebesar 31 orang pegawai. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Tahapan analisis ini dimulai dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tunjangan kinerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai dengan jumlah nilai t- hitung sebesar (3.587>2,045). Yang artinya, terdapat pengaruh yang signifikan tunjangan kinerja terhadap motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tunjangan Kinerja; Motivasi Kerja
Subjects: Public Administration
Office Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhammad Irfan Ramadhan
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:34
Last Modified: 12 Mar 2021 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37679

Actions (login required)

View Item View Item