Kemampuan motorik halus anak usia dini melalui permainan Playdough dan kegiatan menggunting : Kuasi eksperimen di RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung

Nurazizah, Aisah (2020) Kemampuan motorik halus anak usia dini melalui permainan Playdough dan kegiatan menggunting : Kuasi eksperimen di RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di sekolah RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung bahwa terdapat sebagian kecil anak memiliki kendala dalam perkembangan motorik halus yang belum berkembang secara optimal seperti saat menggunting pola hasilnya belum rapi tidak mengikuti garis sesuai pola. Dalam kegiatan menggambar, anak masih kaku memegang krayon sehingga hasilnya masih keluar garis. Kondisi demikian merupakan masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan motorik halus anak melalui permainan playdough di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung 2) Kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung 3) Perbandingan kemampuan motorik halus anak melalui permainan playdough dan kegiatan menggunting di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung Pada masa usia dini seluruh potensi dan aspek perkembangan dapat dikembangkan secara optimal, salah satunya perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus pada anak usia dini yang mengalami masalah dapat ditangani melalui stimulus yang diberikan oleh guru maupun orangtua. Salah satu aktivitas yang dapat digunakan untuk menstimulus perkembangan motorik halus anak adalah permainan playdough. Permainan playdough ini menuntut gerakan otot-otot jari pergelangan tangan yang membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B1 dan B2 RA Al Muhajir Panyileukan Bandung yang berjumlah 25 orang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji Instrumen Penelitian dan Uji Persyaratan Analisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan permainan playdough diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 59 dengan kategori MB (Mulai Berkembang) dan post-test sebesar 79 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Sedangkan pada kelas yang menggunakan kegiatan menggunting diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 56 dengan kategori MB (Mulai Berkembang) dan post-test sebesar 70 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) Perbandingan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan permainan playdough dengan yang menggunakan kegiatan menggunting memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil post-test uji hipotesis yang menunjukan nilai thitung = 6,315 > ttabel = 2,069 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Menggunting; Motorik Halus; Playdough
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aisah Nurazizah
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:44
Last Modified: 03 Jan 2024 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37677

Actions (login required)

View Item View Item