Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap jual beli dengan sistem Mystery Item pada situs online Pattent Goods di Bandung

Kawakibi, Muhammad Nurul (2020) Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap jual beli dengan sistem Mystery Item pada situs online Pattent Goods di Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktik jual beli dengan sistem mystery item pada situs online Pattent Goods di Bandung yang dalam mekanismenya pembeli membayar harga yang tertera, namun akan mendapatkan sebuah produk secara acak yang ditentukan oleh penjual yang mana hal ini dapat menimbulkan manfaat dan madharat bagi pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, bagaimana mekanisme jual beli dengan sistem mystery item pada situs online Pattent Goods di Bandung. kedua, bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap jual beli dengan sistem mystery item pada situs online Pattent Goods di Bandung. Penelitian ini berasal dari pemikiran mengenai konsep jual beli yang digunakan oleh situs Pattent Goods yaitu mystery item dan kesesuaiannya dengan ketentuan mengenai objek dari bai‘ al-salam (jual beli dengan penyerahan barang di akhir), serta ketidaktahuan pelanggan akan spesifikasi barang yang dipesan sehingga berpotensi masuk kedalam kategori bai‘ al-gharar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu meninjau dan memaparkan praktik jual beli dengan sistem mystery item di situs Pattent Goods Bandung. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis datanya secara kualitatif dengan cara mengumpulkan data untuk kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, mekanisme pelaksanaan jual beli dengan menggunakan sistem mystery item yaitu konsumen harus membuat akun terlebih dahulu untuk membeli sebuah produk mystery item yang mana akan mendapatkan 3 pasang kaos kaki secara acak yang ditentukan penjual dengan membayar harga yang tertera yaitu Rp. 100.000. Kedua, berdasarkan tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah praktik jual beli dengan metode mystery item di Pattent Goods telah memenuhi syarat dan rukun jual beli yaitu adanya orang berakad (al-muta‘aqidain), terjadinya sighat akad (ījab dan qabul), adanya barang yang diperjualbelikan (ma’qud ‘alaih), dan nilai tukar pengganti barang. Dilihat dari teori bai’ al-salam bahwa penjualan produk dengan sistem mystery item tidak memenuhi sebagai objek dari bai‘ al-salam karena tidak diketahui macam dan sifat yang menopangnya secara jelas (spesifikasinya) serta kualitas barangnya. Penjualan dengan metode mystery item juga termasuk kepada bai‘ al-gharar (al-yasir), karena hilangnya hak pembeli untuk memilih atau mengetahui secara spesifikasi produk yang dipesannya, serta hanya diketahui jenis barang yang diperjualbelikan yaitu kaos kaki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mystery item; bai‘ al-gharar; bai‘ al-salam
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhammad Nurul Kawakibi
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:55
Last Modified: 15 Mar 2021 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37624

Actions (login required)

View Item View Item