Pengaruh kas dan uang jaminan terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Garuda Indonesia (PERSERO) Tbk periode 2013-2017

Hasibuan, Ridwan Anshori (2021) Pengaruh kas dan uang jaminan terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Garuda Indonesia (PERSERO) Tbk periode 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan asumsi teoritis bahwa nilai total aset petusahan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menjalankan roda bisnis nya dan menjadi acuan untuk petiode selanjutnya, total aset perusahaan di tentukan oleh beberapa hal di antaranya adalah kas dan uang jaminan, jika kas dan uang jaminan mengalami kenaikan maka total aset perusahaan pun akan mengalami kenaikan begitupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh kas terhadap total aset secara parsial, (2) mengetahui dam mrnganalisis pengaruh uang jaminan terhadap total asrt secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh kas dan uang jaminan terhadap total aset secara simultan pada PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Periode 2013-2017. Landasan teori dalam penelitian ini adalah jika total aset pada suatu perusahaan semakin besar maka perusahaan tersebut dapat meningkatkan produktifitas dan mengembangkan perkembangan bisnis pada perode berikutnya, nilai total aset salah satunya di pengaruhi oleh tingkat kas dan uang jaminan, jika kas dan uang jaminan meningkat maka total aset pun akan meningkat begitupun sebaliknya, tetapi terdapat penyimpangan pada laporan keuangan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Periode 2013-2017 sehingga bertentangan dengan teori yang ada. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi linier dan berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji f). Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25.0 dan Microsoft Excel 2010 sebagai pengelolaan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang di publikasi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan nilai koefisien determinasi sebesar 28,3%, dengan nilai hitung thitung dan ttabel -2.664 ≥ 2.100 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uang Jaminan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Total Aset dengan koefisien determinasi sebesar 80.3%, dengan nilai thitung ≥ ttabel 0.8570 ≥ 2.100 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara simultan, Kas dan Uang Jaminan berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan nilai koefisien determinasi sebesar 80.6%, dengan nilai Fhitung > Ftabel 35.211 ≥ 3.59. maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kas; Uang Jaminan; Total Aset;
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ridwan Anshori Hasibuan
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:09
Last Modified: 09 Mar 2021 09:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37605

Actions (login required)

View Item View Item