Dampak adanya pembangunan Mall Rancaekek Trade Center terhadap pedagang : Studi kasus di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Mulyadi, Virna Oktamia (2020) Dampak adanya pembangunan Mall Rancaekek Trade Center terhadap pedagang : Studi kasus di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perubahan zaman dan pengaruh modernisasi dilakukan pembangunan yang sengaja dilakukan untuk memperbaiki kondisi masyarakat pada suatu daerah dengan berbagai perencanaan dalam berbagai aspek kehidupan. Pada hakikatnya pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun berbagai sarana dan aset penunjang dalam kehidupan bermasyarakat. Pembangunan perekonomian yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan perkapita, menurunnya tingkat pengangguran menunjukkan kemajuan pembangunan di Indonesia yang patut untuk dibanggakan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi setelah adanya Mall Rancaekek Trade Center di kawasan Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. 2). Untuk mengetahui dampak adanya Mall Rancaekek Trade Center terhadap pedagang Mall Rancaekek Trade Center di kawasan Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. 3). Untuk mengetahui perubahan gaya hidup pedagang setelah adanya Mall Rabcaekek Trade Center di kawasan Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori diantaranya pertama teori perubahan sosial Harper bahwa pergantian atau perubahan yang signifikan mengenai struktur sosial dalam kurun waktu yang sangat signifikan. Kedua teori meodernitas Anthony Giddens menunjuk pada sebuah istilah untuk menyebut masyarakat modern atau sebuah peradaban industri. Ketiga sosiologi ekonomi Adam Smith penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kualitatif yang didasarkan pada upaya membangun pandangan mereka yang diteliti secara rinci, dibentuk dengan kata-kata, gambaran holistic (menyeluruh). Teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, data yang dihasilkan bersifat deskriptif atau pemaparan, caranya dengan mengumpulkan data dan menganalisis data yang berkaitan dengan objek kajian. Hasil penelitian ini ialah Mall RTC di Desa BojongLoa merupakan bagian dari proses pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian wilayah, sekaligus mengindikasikan terhadap aspek kehidupan sosial ekonomi masyarakat pedagang Desa Bojongloa. Masyarakat mulai mengenal struktur pekerjaan seperti adanya atasan dan bawahan. Ini menunjukan bahwa setelah adanya Mall RTC kehidupan masyarakat pedagang Mall RTC bisa dikatakan mulai mengalami peningkatan dari segi sosial ekonomi, terutama mengenai status mereka seperti penampilan, penghasilan, harga diri dibanding dengan sebelumnya. Dampak perubahan yang signifkan meliputi perubahan mata pencahrian, dimana terjadi pergeseran orientasi dari sektor tradisional menjadi sektor modern, jasa dan pembangunan. Kini gaya hidup masyarakat pedagang Mall RTC di Desa Bojong Loa mulai mengikuti gaya hidup perkotaan, artinya masyarakat pedagang Bojong Loa sudah bersentuhan dengan gaya hidup modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan; Mall; Pedagang
Subjects: Administration of Economy
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Virna Oktamia Mulyadi
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:08
Last Modified: 09 Mar 2021 05:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37599

Actions (login required)

View Item View Item