Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik

Khuzaefah, Zefah (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kualitas mutu proses pembelajaran di kelas salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keterlaksanaan dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik terhadap bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) pada materi alat optik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Sampel yang digunakan adalah XI IPA 3 SMA Al-Ittihad Cianjur sebanyak 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis AABTLT with SAS, dan tes uraian keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) sebesar 82,81% dengan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) meraih persentase rata-rata sebesar 80,33% dengan interpretasi sangat efektif. (3) Penggunaan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) pada materi alat optik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik denga rata-rata N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Hasil uji t yang telah diperoleh dari hasil perhitungan adalah thitung 5,33 > ttabel 2,045, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar aplikasi Master Optic (MO) pada materi alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: master optic; keterampilan berpikir kritis; alat optik
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: zefah kh zefah khuzaefah
Date Deposited: 05 Mar 2021 06:58
Last Modified: 05 Mar 2021 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37497

Actions (login required)

View Item View Item