Implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik: Penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi

Hidayat, Deasy Nurma (2020) Implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik: Penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya krisis akhlak karimah di kalangan peserta didik, khususnya peserta didik pada fase remaja. Kemudian bagaimanakah akhlak karimah peserta didik pada fase remaja apabila hidup di lingkungan sekolah yang memiliki program keberagamaan. Program keberagamaan yang diimplementasikan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi, bertujuan agar peserta didiknya memiliki karakter Qurani dan karakter Islami. Berarakter Qurani maksudnya karakter yang dimiliki harus sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunah dan berkarakter Islami maksudnya karakter yang dimiliki harus sesuai dengan ajaran Islam. Program keberagamaan yang dilaksanakan di sekolah ini, diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap akhlak karimah peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan program keberagamaan yang diimplementasikan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi, dengan empat poin inti yaitu sebagai berikut; 1) Desain program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi; 2) Implementasi program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi; 3) Akhlak karimah peserta didik sebagai hasil dari implementasi program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi; 4) Faktor pendukung dan penghambat program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi. Implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik merupakan pelaksanaan atau penerapan kegiatan dari perencanaan yang sebelumnya telah disusun secara matang dan terperinci. Hal ini dilakukan agar dapat mengembangkan akhlak mulia peserta didik, yang dilakukan secara bertahap dan teratur yang menjurus kepada tujuan yang dikehendaki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik uji keabsahan data. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Desain program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi terdiri dari kegiatan harian (Circle time, Salat zuhur berjamaah, Pembelajaran Al-Quran), kegiatan pekanan (Mentoring, Muhadoroh, Tadarus al-Kahfi, Keputrian dan salat Jumat, Berinfak) dan kegiatan lainnya (One Day PENDIKAR, MABIT, PHBI). 2) Program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi diimplementasikan ke dalam kegiatan harian (Circle time, Salat zuhur berjamaah, Pembelajaran Al-Quran). Kegiatan Pekanan (Mentoring, Muhadoroh, Tadarus al-Kahfi, Keputrian dan salat Jumat, serta Berinfak). Kegiatan lainnya (One Day PENDIKAR, MABIT, PHBI). 3) Akhlak karimah peserta didik sebagai hasil implementasi program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi, yaitu peserta didik secara umum memiliki akhlak karimah sebagai hasil dari implementasi program tersebut. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik bersifat internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Program Keberagamaan; Akhlak Karimah; Peserta Didik
Subjects: Ethics, Moral Philosophy > General Publications of Etics
Religious Ethics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deasy Nurma Hidayat
Date Deposited: 05 Mar 2021 05:25
Last Modified: 20 Jan 2022 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37496

Actions (login required)

View Item View Item