Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an dalam sains pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan terhadap penguasaan konsep

Yuliawati, Yusi (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an dalam sains pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan terhadap penguasaan konsep. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 3-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banjarsari pada kelas XI MIA 2 yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil uji validitas menghasilkan skor 591 dengan rata-rata 84,4 dan hasil uji keterbacaan menghasilkan skor kelayakan 584,4 dengan rata-rata 83,5. Karakteristik bahan ajar flipbook sebagai media pembelajaran digital menawarkan media pembelajaran dengan penyisipan video dan audio yang dihubungkan dengan link, efisien digunakan karena tersimpan pada smartphone peserta didik, serta adanya integrasi ayat-ayat Al-Qur’an dengan sains bermanfaat sebagai materi pembelajaran yang menanamkan IMTAQ untuk menyelaraskan pendidikan pada pada abad ke-21 sebagai zaman IPTEK. Terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis flipbook yaitu terlihat dari perolehan nilai ¬n-gain soal pilihan ganda sebesar 0,58 dengan interpretasi sedang dan perolehan nilai ¬n-gain soal uraian sebesar 0,72 dengan interpretasi tinggi. Terdapat kendala setelah peserta didik menggunakan bahan ajar berbasis flipbook ini diantaranya terdapat kesulitan saat mengunduh dan menginstal aplikasi karena kurangnya kapasitas penyimpanan dalam smartphone yang dimiliki peserta didik dan jaringan internet yang kurang stabil di daerah tempat tinggal peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar; flipbook; terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an dengan sains; struktur dan fungsi jaringan tumbuhan; penguasaan konsep;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Scientists Biography > Person in Plants Science, Botanist Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: yusi yuliawati
Date Deposited: 04 Mar 2021 23:51
Last Modified: 04 Mar 2021 23:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37477

Actions (login required)

View Item View Item