Strategi ICMI Jawa Barat dalam membentuk citra positif : Studi desktiptif kualitatif pada program gerakan aksi pelestarian lingkungan hidup di Waduk Jatigede

Purnamasari, Putri Rosmayati Dewi (2020) Strategi ICMI Jawa Barat dalam membentuk citra positif : Studi desktiptif kualitatif pada program gerakan aksi pelestarian lingkungan hidup di Waduk Jatigede. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Barat merupakan suatu organisasi yang dibentuk pada tanggal 07 Desember 1990 dalam pertemuan kaum cendekiawan Muslim di Malang, dan diketuai pertama kali oleh Baharuddin Jusuf Habibie. Salah satu program ICMI Jawa Barat ialah program sosial, ICMI Jawa Barat memiliki tanggung jawab sosial terhadap warga Jawa Barat. Melihat fenomena pembangunan Waduk Jatigede ICMI Jawa Barat tergerak untuk membuat program mengenai pelestarian lingkungan hidup sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap masyarakat yang lingkungannya terdampak pembangunan Waduk Jatiegde. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Strategi ICMI Jawa Barat dalam Membentuk Citra Positif pada program Gerakan Aksi Pelestarian Lingkungan Hidup di Waduk Jatigede. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori citra karena mampu secara holistik mengkonstruksikan strategi dalam membentuk citra positif. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini ialah konstruktivistik dengan tujuan memaknai makna yang diungkapkan oleh informan dan tidak dapat generalisir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah penedekatan kualitatif dengan tujuan memahami fenomena secara utuh dan menyeluruh pada bentuk kata-kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan tujuan medeskripsikan strategi ICMI Jawa Barat dalam membentuk citra positif pada program Gerakan Aksi Pelestarian Lingkungan Hidup di Waduk Jatigede, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa strategi membentuk citra positif di awali dengan melakukan riset dengan menggunakan metode survey untuk mengumpulkan data dan fakta yang ada di lapangangan, lalu setelah mengetahui data dan fakta serta tujuan yang hendak dicapai maka ICMI Jawa Barat melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat dengan tujuan mengubah perilaku dan pola pikir masyarakat terhadap lingkungan menggunakan pendekatan psikologis dengan melibatkan unsur Pemerintah, Kehutanan dan Komunitas Masyarakat dalam membantu mempersuasi masyarakat, selain itu ICMI Jawa Barat juga menggunakan media Spanduk dalam membantu mempersuasi masyarakat dengan alasan karena spanduk menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat, yang terakhir ialah melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan program dan memberi rekomendasi terhadap keberlanjutan program atau pembuatan program selanjutnya yang dilakukan melalui rapat koordinasi. Berdasarkan hasil evaluasi bahwa program Gerakan Aksi Pelsetarian Lingkungan Hidup di Waduk Jatigede telah berhasil membentuk citra positif ICMI Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Citra; Lingkungan Hidup
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Putri Purnamasari
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:39
Last Modified: 04 Mar 2021 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37444

Actions (login required)

View Item View Item