Peran humas ICMI Jabar sebagai fasilitator komunikasi : Studi deskriptif kualitatif pada program peduli Covid-19 di Kabupaten Sumedang

Ridwanilhaq, Moh Muzadi (2020) Peran humas ICMI Jabar sebagai fasilitator komunikasi : Studi deskriptif kualitatif pada program peduli Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSRTAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Jawa Barat merupakan organisasi yang mengedepankan mengenai kaidah-kaidah Agama Islam. Melihat fenomena awamnya masyarakat Kabupaten Sumedang mengenai Covid-19 , ICMI Jawa Barat bekerjasama dengan ICMI Orda Kabupaten Sumedang untuk menyelenggarakan program mengenai Covid-19 sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Sumedang. ICMI Jawa Barat pada pelayanan informasi publik mengandalkan sepenuhnya kepada Humas sebagai fasilitator komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Humas ICMI Jawa barat sebagai fasilitator komunikasi dalam melakukan riset, untuk mengetahui bagaimana peran Humas ICMI Jawa barat sebagai fasilitator komunikasi dalam melakukan perencanaan program, untuk mengetahui bagaimana upaya komunikasi yang dilakukan Humas ICMI Jawa barat sebagai fasilitator komunikasi, dan untuk mengetahui bagaimana bentuk evaluasi Humas ICMI Jawa barat sebagai fasilitator komunikasi setelah terlaksananya program peduli Covid-19 di Kabupaten Sumedang ini.Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yakni studi deskriptif kualitatif, menggunakan paradigma konstruktivistik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada informan. Penelitian ini menggunakan konsep Two Ways Symmetrical Model atau Model Hubungan Simetris Dua Arah dengan penggagasnya ialah Grunig dan White, dan menggunakan teori Boundary Spanning Theory, dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Tahap riset yang dilakukan ICMI Jawa Barat ialah menggunakan analisis sekunder dan melakukan survey; 2) Perencanaan program yang dilakukan terdiri dari pembentukan tim (internal dan eksternal), penentuan target sasaran dan penggunaan anggaran; 3) komunikasi yang dilakukan yakni dengan bentuk sosialisasi, dan; 4) tahap evaluasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mengukur keberhasilan program yang telah dilaksanakan dan untuk merencanakan terhadap keberlanjutan program yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran Humas ICMI Jawa Barat sebagai fasilitator komunikasi telah berhasil dalam melaksanakan program menggunakan Boundary Spanning Theory dengan memenuhi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan program dan hasil program telah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Humas; Fasilitator Komunikasi; Boundary Spanning Theory
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Moh Muzadi Ridwanilhaq
Date Deposited: 03 Mar 2021 22:43
Last Modified: 03 Mar 2021 22:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37442

Actions (login required)

View Item View Item