Hadis Istibrā menurut imam al-Suyuthi: Analisis kualitas dan maknanya dalam kitab Ha>syiah al-sanadi> ‘ala> sunan al-Nasa>i

Fauzi, Sugih Muhamad (2020) Hadis Istibrā menurut imam al-Suyuthi: Analisis kualitas dan maknanya dalam kitab Ha>syiah al-sanadi> ‘ala> sunan al-Nasa>i. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djai Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu bentuk thaharah yang Rasulullah SAW. ajarkan yaitu bersuci ketika selesai melaksanakan kencing atau dalam kajian fiqih disebut dengan istibrā, akan tetapi dijaman sekarang tidak sedikit orang-orang lupa akan kesadan dan tidak memperhatikan terkait Istibrā ini. oleh sebab itu dibutuhkanya penjelasan-penjelasan dari hadis-hadis dan juga para ‘ulama terkait istibrā ini, dan salah satunya yaitu Imam al-Suyuthi. Imam al-Suyuthi terkenal sebagai ulama yag menguasai berbagai bidang ilmu dan beliaupun dinilai sebagai ulama yang sering memberikan fatwa terhadap suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pendapat Imam al-suyuthi terkait konsep istibrā yang terkandung dalam salah satu karyanya yaitu Ha>siah al-sanadi> ‘ala> sunan al-Nasa>i, dan juga menjelaskan kualitas dari hadis-hadis yang terkait dengan stibrā ini, Manfaat atau kegunaan penelitian ini ada dua yakni secara akademis, diharapkan dapat menjadi kontribusi pengetahuan untuk perkembangan studi hadis kedepannya. Secara praktis diharapkan mampu menjadi pengingat dan pengetahuan untuk masyarakat dalam pelaksanaan salah satu bentuk thaharah. Secara etimologi kata “thahârah/ َهَطَارة”adalah masdar atau kata benda yang diambil dari kata kerja َرَهَط–ُرُهٌطَي yang berarti bersuci. Sedangkan menurut istilah thaharah adalah mengerjakan sesuatu yang dengannya seseorang bisa melaksanakan ibadah yang sebelumnya diharuskan bersih dari najis dan hadas . Dalam pelaksanaanya bentuk thaharah itu bermacam-macam seperti wudlu, mandi, tayamun, dan istinja, serta terdapat salah satu bentuk thaharah yang mungkin belum diketahui oleh kebanyakan orang yaitu istibrā Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research (kajian kepustakaan), menggunakan metode kualitatif dengan melakukan tinjauan pustaka dan menggunakan pendekatan tahlili (Analitis), yakni meneliti suatu hadis secara kritis dengan membahas berbagai aspeknya (menyeluruh). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yang perama atau sebagai sumber primer yaitu : Kitab riwayat : Sunan An-Nasa’i ; Kitab syarah : Ha>siah al-Sanadi> ‘ala> Sunan al-Nasa>i, Tahzib Al-Kamal, Tahzib al-Tahzib. Kedua Sumber sekunder yaitu berbagai karya tulis yang mencangkup tema thaharah dan istibra Dari hasil penelitian ini didapati kesimpulan, Dalam pelaksanaanya, Imam al-Suyuthi sangat menekankan untuk kaum laki-laki untuk melakukan Isribra> dalam setiap selesai melaksanakan aktifitas kencing, dan dalam tata cara terdapat tiga cara, pertama melaksanakan kencing dengan duduk, kedua membilas dengan air, ketiga mengusap sisanya dengan tangan kiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Istibra ; hadis ; al-Syuyuthi
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Nasa'i
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kritik terhadap Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: sugih muhamad fauzi
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:01
Last Modified: 02 Mar 2021 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37404

Actions (login required)

View Item View Item