Analisis kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif

Utami, Triane Roghbie (2020) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran dan gaya kognitif saling berkaitan untuk menunjang proses berfikir siswa, tetapi kenyataannya kemampuan penalaran masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent, kemudian kendala apa saja yang dirasa siswa, lalu bagaimana tanggapan guru terhadap soal penalaran. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran yang diberikan, siswa dengan gaya kognitif Field Independent mendapat hasil nilai lebih besar dibandingkan dengan siswa gaya kognitif Field Dependent. Kategori gaya kognitif Field Dependent mempunyai kendala tidak mampu menentukan pola atau sifat dari gejala matematis, tidak bisa membuat kesimpulan umum dari jawaban yang diberikan. Sedangkan untuk kategori Field Independent mempunyai kendala dalam mengerjakan soal yaitu tidak teliti dalam menghitung dan mengerjakan perlu waktu yang lama. Tanggapan guru terhadap soal penalaran sangat positif sehingga layak untuk di ujikan kepada siswa. Penalaran perlu diasah melalui pemahaman konsep dan latihan, sehingga ketika gaya kognitif setiap siswa sering dilatih maka pola pikir untuk memecahkan suatu masalah lebih terarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis; Gaya Kognitif
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Triane Roghbie Utami
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:58
Last Modified: 05 Mar 2021 03:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37392

Actions (login required)

View Item View Item