Pengaruh frekuensi fertigasi sistem hidroponik irigasi ietes terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil ubi benih G0 tiga varietas kentang (Solanum tuberosum L.)

Sunarya, Anggi Anggraeni (2020) Pengaruh frekuensi fertigasi sistem hidroponik irigasi ietes terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil ubi benih G0 tiga varietas kentang (Solanum tuberosum L.). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Kentang saat ini dimanfaatkan sebagai pangan alternatif dan dalam produksinya kerap mengalami fluktuasi tahun ke tahun. Keterbatasan produksi benih kentang berkualitas di Indonesia menjadi masalah yang perlu ditangani dengan seksama. Teknologi hidroponik sistem irigasi tetes dapat meningkatkan hasil benih ubi G0 dengan frekuensi fertigasi yang sesuai dan varietas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara frekuensi fertigasi sistem hidroponik irigasi tetes dengan varietas terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil ubi benih kentang G0 serta mengetahui frekuensi dan varietas yang paling optimal untuk pertumbuhan dan hasil ubi benih kentang G0. Penelitian ini dilakukan pada Januari- Juni 2020. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak lengkap (RAL) 2 faktor. Faktor pertama yaitu frekuensi fertigasi (3 kali, 5 kali, dan 7 kali sehari) dan faktor kedua adalah varietas (Granola, Papita Agrihorti, dan AR 08) sehingga terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan masing-masing 3 ulangan. Berdasarkan penelitian ini terdapat interaksi pada jumlah cabang 10 MST dan ukuran ubi (grading) besar. Terdapat juga pengaruh mandiri frekuensi terhadap parameter tinggi tanaman (2 dan 5 MST) dan jumlah cabang (8-10 MST). Pengaruh varietas terdapat pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah cabang, berat basah dan kering brangkasan, berat ubi pertanaman, jumlah ubi pertanaman dan grading. Frekuensi fertigasi 5 kali memperoleh rerata jumlah ubi tertinggi pada varietas papita dan rerata bobot ubi tertinggi pada varietas AR08.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: atas izin dosen pembimbing hanya upload cover dan asbtrak
Uncontrolled Keywords: irigasi tetes; hidroponik; frekuensi; fertigasi; kentang; G0; varietas
Subjects: Specific Topics of Plants
Specific Techniques of Agriculture > Cultivation
Specific Techniques of Agriculture > Seeds and New Varieties
Specific Techniques of Agriculture > Special Methods of Cultivitation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Anggi Anggraeni Sunarya
Date Deposited: 12 Mar 2021 07:33
Last Modified: 12 Mar 2021 08:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37374

Actions (login required)

View Item View Item