Relevansi humor dalam pesan dakwah untuk pengembangan dakwah : analisis isi pesan dakwah channel youtube ust. Aam Amirudin

Khodijah, Ayu (2021) Relevansi humor dalam pesan dakwah untuk pengembangan dakwah : analisis isi pesan dakwah channel youtube ust. Aam Amirudin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah di Indonesia saat ini, khususnya khutbah ta’siriyah menyesuaikan dengan budaya setempat dan perkembangan teknologi. Saat ini dakwah tidak hanya disampaikan secara langsung namun juga tidak langsung dengan memanfaatkan alat elektronik. Penyampaian dakwah pun disesuaikan dengan minat jamaah salah satunya dengan humor, begitu pula dengan ustad Aam Amirudin yang memanfaatkan media sosial Youtube di channel Youtube Aam Amirudin Official dan penyisipan humor dalam pesan dakwahnya. Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: 1) Untuk mengetahui Struktur humor yang terdapat dalam pesan dakwah Ustad Aam Amirudin; dan 2) Untuk mengetahui relevansi humor yang terdapat dalam pesan dakwah Ustad Aam Amirudin untuk pengembangan dakwah. Menyesuaikan dengan tujuan penelitian tersebut maka kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori humor Arwah Setiawan mengatakan bahwa humor terbagi menjadi lima kriteirum, yakni: kriterium bentuk ekspresi; kriterium inderawi; kriterium bahan; kriteirum etis; dan kriterium estetis dan Teori Humor Tabligh Aang Ridwan yang mengatakan bahwa sisipan humor dalam tabligh mesti memiliki sifat edukasi, kritis, tidak rasis, tidak pornografi, dan memenuhi sifat rekreatif, aplikatif, inovatif, dan proporsional Langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yakni: 1) Menentukan objek dan lokasi penelitian yaitu Ustad Aam Amirudin pada Channel Youtube Aam Amirudin Official; 2) Menentukan metode penelitian yang digunakan yakni metode analisis isi dengan menggunakan rumus Formula Hoslti untuk menemukan reliabilitas antar koder. 3) Menentukan Jenis dan Sumber data penelitian yaitu sumber data primer diperoleh dari isi ceramah ustad Aam Amirudin di Channel Youtube Aam Amirudin Official, dan sumber data sekunder sebagai data pendukung diambil dari buku, jurnal, dan website; 4) Menentukan Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, studi dokumentasi, kepustakaan; 5) Mengalisis data yang sudah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Struktur humor dalam pesan dakwah ustad Aam Amirudin ditemukan 14 pesan humor yang terbagi menjadi tiga kriterium yakni : Kriteirum bahan yang terdiri atas humor politik, humor seks, humor sadis, dan humor teka-teki; Kriteirum etis yang terdiri dari humor sehat dan humor tidak sehat; Kriterium estetis yang terdiri dari humor rendah, dan humor tinggi. Pesan dakwah ustad Aam Amirudin sisipan humor memiliki fungsi sebagai hiburan dan fungsi lainnya yaitu sebagai penerjemah pesan. Dengan menggambungkan teori jenis humor Arwah Setiawan dan teori humor tabligh Aang Ridwan maka humor dalam pesan dakwah ustad Aam Amirudin memiliki standar etis dan standar estetis, maka humor dalam pesan dakwah ustad Aam Amirudin relevan digunakan dalam pesan dakwah dan relevan digunakan dalam pengembangan dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Humor; Pesan Dakwah; Pengembangan Dakwah; Analisis Isi; Ust. Aam Amirudin
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ayu Khodijah
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:47
Last Modified: 07 Apr 2022 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37367

Actions (login required)

View Item View Item