Pengaruh penerapan PSAK 101 dan PSAK 105 terhadap kualitas laporan keuangan BPRS Harum Hikmahnugraha, BPRS Mentari dan BPRS Amanah Rabbaniah

Hermansyah, Hermansyah (2021) Pengaruh penerapan PSAK 101 dan PSAK 105 terhadap kualitas laporan keuangan BPRS Harum Hikmahnugraha, BPRS Mentari dan BPRS Amanah Rabbaniah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_datar isi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai salah satu wujud dari akuntabilitas publik dan komitmen dari otoritas untuk terus mendorong perkembangan keuangan syariah yang lebih terpadu di Indonesia, telah dilakukan penyusunan tentang penyajian, pengungkapan dan bentuk pelaporan keuangan syariah yaitu melalui pedoman standar akuntansi keuangan (PSAK 101) dan PSAK 105. Karakteristik dari sistem operasional BPRS adalah adanya distribusi bagi hasil yang tampak dalam laporan keuangan BPRS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan PSAK 101 dan PSAK 105 secara parsial signifikan terhadap kualitas laporan keuangan BPRS Harum Hikmahnugraha, BPRS Mentari dan BPRS Amanah Rabbaniah dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan PSAK 101 dan PSAK 105 secara simultan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan BPRS Harum Hikmahnugraha, BPRS Mentari dan BPRS Amanah Rabbaniah. Kualitas laporan keuangan dipengaruhi oleh konsep dasar pelaporan sebagai penghubung antara pedoman pelaksanaan dengan tujuan pelaporan yang akan dicapai. Laporan keuangan sebagaimana dijelaskan dalam PSAK 101 adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas syariah. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas entitas syariah yang bermanfaat bagi sebagian besar pengguna laporan keuangan dalam membuat keputusan ekonomik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta data yang dipergunakan menggunakan data primer dan sekunder. Data yang telah didapatkan kemudiaan dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi, uji korelasi, uji determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian bahwa peneran PSAK 101 dan PSAK 105 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan BPRS Harum Hikmahnugraha, BPRS Mentari dan BPRS Amanah Rabbaniah, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. dalam uji t lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 yaitu Sig. 0,007 < 0,05). Secara simultan penerapan PSAK 101 dan PSAK 105 berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan BPRS Harum Hikmahnugraha, BPRS Mentari dan BPRS Amanah Rabbaniah, hal ini dibuktikan dengan hasil uji F diketahui nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 sementara nilai Fhitung 140.913 > 2.650.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PSAK 101; PSAK 105; KUALITAS LAPORAN KEUANGAN;
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Hermansyah Hermansyah
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:51
Last Modified: 01 Mar 2021 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37365

Actions (login required)

View Item View Item