Analisis bahan ajar Senyawa Karbon berdasarkan kriteria keterhubungan representasi kimia

Windayani, Neneng and Hasanah, Ika and Helsy, Imelda (2018) Analisis bahan ajar Senyawa Karbon berdasarkan kriteria keterhubungan representasi kimia. Jurnal Tadris Kimiya, 3 (1). pp. 83-93. ISSN ISSN 2527-9637 (online) ISSN 2527-6816 (print)

[img]
Preview
Text
ANALISIS BAHAN AJAR SENYAWA KARBON BERDASARKAN KRITERIA KETERHUBUNGAN REPRESENTASI KIMIA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer review Analisis Bahan Ajar Senyawa Karbon.pdf

Download (631kB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten teks konsep senyawa karbon berdasarkan struktur makro dan representasi kimia gambar. Dilakukan terhadap buku teks kimia SMA/MA menggunakan kriteria struktur makro Siregar dan kriteria keterhubungan representasi kimia GKitzia. Hasil analisis konten pada buku A dan buku B menunjukkan penyajian konten dan cakupannya tidak seluas dan sedalam konten pada buku teks standar. Namun konsep-konsep yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan struktur makro, alur penyajian konten pada buku teks standar sebagian besar menggunakan alur induktif, sedangkan pada buku A dan buku B menggunakan alur deduktif. Representasi teks dari ketiga buku lebih dominan simbolik. Hasil analisis representasi gambar yang disajikan pada buku teks standar sudah memenuhi kriteria, namun pada buku A dan buku B belum memenuhi kriteria standar. Dari ketiga buku, lebih banyak menampilkan gambar dengan representasi simbolik. Makna yang terkandung dalam representasi dari ketiga buku sebagian besar bersifat implisit. Keterhubungan representasi dari buku teks standar dan buku B hampir sepenuhnya terkait dan terhubung dengan teks, sedangkan pada buku A hampir sepenuhnya terkait tetapi tidak terhubung. Ketiga buku lebih dominan tidak memiliki keterangan atau caption dari setiap gambar. Hanya buku standar yang memiliki representasi multipel, dengan keterhubungan yang ditunjukan dengan jelas tetapi kurang terhubung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Bahan Ajar; Senyawa Karbon
Subjects: Education > Miscellany of Education
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr. Neneng Windayani
Date Deposited: 27 Feb 2021 04:42
Last Modified: 28 Feb 2021 05:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37350

Actions (login required)

View Item View Item