Penentuan solusi optimal pada masalah penugasan tidak seimbang dengan Reducing Matrix method

Anggraeni, Nada Putri (2020) Penentuan solusi optimal pada masalah penugasan tidak seimbang dengan Reducing Matrix method. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas masalah penugasan tidak seimbang pada kasus minimasi dan maksimasi. Menggunakan masalah penugasan akan mendapatkan solusi yang optimal seperti bagaimana cara pekerja untuk mesin. Pentingnya alokasi pekerjaan untuk mesin berdasarkan metode penugasan yang tidak seimbang adalah kelimpahan dengan menggunakan Reducing Matrix Method dengan mencari cara 1 dan matriks yang diberikan pengurangan. Dengan langkah pertama membuat tabel penugasan tidak seimbang dari studi kasus kemudian menambahkan dummy bernilai 1 karena jumlah mesin dan jumlah pekerja tidak sama. Cari nilai minimum atau maksimum dari setiap elemen baris dan membaginya untuk menemukan nilai 1 pada baris di kolom yang sama, kemudian setelah menemukan nilai 1 akan mendapatkan selisih biaya menggunakan Perbedaan Maksimum. Setelah mendapatkan selisih biaya terbesar maka dapat menyelesaikan pekerjaan untuk menyelesaikan tugas, kemudian melakukan reduksi kolom dan kolom yang sesuai. Pengalokasian ini berlangsung hingga semua pekerja dapat mengerjakan setiap tugasnya dan menghitung solusi optimalnya. Kemudian, mendapatkan hasil analisis dari 150 data dengan nilai range yang berbeda untuk mengetahui apakah Metode Matriks Pengurang dapat menyelesaikan solusi yang optimal dari Metode Hungarian sebagai metode awal dengan algoritma yang berbeda. Ada dua kemugkinan yaitu Metode Reducing Matrix memberikan solusi optimal yang sama dengan Metode Hungarian sebagai metode awal. Metode Reducing Matrix tidak memberikan solusi yang lebih optimal dari Metode Hungarian sebagai metode awal dan Metode Reducing Matrix belum mendapatkan hasil optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masalah Penugasan Tidak Seimbang; Solusi Optimal; Minimasi; Maksimasi; Hungarian Method; Reducing Matrix Method;
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Nada Putri Anggraeni
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:52
Last Modified: 26 Feb 2021 02:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37339

Actions (login required)

View Item View Item