Dampak keberadaan Rumah Sakit terhadap perubahan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat: Penelitian di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran

Yusup, Adji Maulana (2020) Dampak keberadaan Rumah Sakit terhadap perubahan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat: Penelitian di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Hal tersebut mengakibatkan perubahan dalam berbagai bidang, diantaranya perubahan sosial dan ekonomi. Sehingga penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh keberadaan Rumah Sakit terhadap perubahan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Desa Pananjung. Penelitian dilakukan di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Pananjng yang secara langsung terkena dampak dari keberadaan Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari keberadaan Rumah Sakit terhadap perubahan sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Pananjung yang terkena langsung oleh dampak dari keberadaan Rumah Sakit. Dalam teori yang dinyatakan oleh Herbert Spencer (1820-1903) bahwa kehidupan masyarakat tumbuh secara progresif menuju keadan yang semakin membaik. Sehingga perubahan sosial dalam penelitian ini yaitu perubahan sosial dan ekonomi menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Metode penelitian kualitatif bertujuan untuk memperoleh gambaran seutuhnya yang berhubungan dengan ide, persepsi, pendapat atau kepercayaan yang di uraikan dengan katakata dan tulisan dan tidak dapat diukur dengan angka. Hasil analisis menunjukan bahwasannya sebelum adanya Rumah Sakit di Desa Pananjung, masyarakat Desa Pananjung masih banyak yang berprofesi menjadi nelayan dan pendapatan yang didapat masih minim. Keberadaan Rumah Sakit di Desa Pananjung memberikan dampak positif dan negatif, dampak positifnya banyak masyarakat yang mengalami peningkatan dalam hal ekonomi, peningkatan dalam tingkat pendidikan, membuka lapangan pekerjaan dan tempat tinggal yang permanen. Sedangakan dampak negatifnya adalah masyarakat terbawa kebiasaan buruk masyarakat dari luar Desa Pananjung yang membuat masyarakat Desa Pananjung lebih individualis. Dalam penelitian ini terlihat bahwasannya dampak negatif dan dampak positif dari keberadaan Rumah Sakit di Desa Pananjung begitu terasa bagi masyarakat Desa Pananjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial; Perubahan ekonomi; Masyarakat; Pembangunan
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adji Maulana Yusuf
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:08
Last Modified: 26 Feb 2021 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37328

Actions (login required)

View Item View Item