Bimbingan Agama dengan pendekatan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anggota Majelis Taklim Konversi Diniyah : Penelitian di Majelis Taklim konversi Diniyah Al-Ikhlas Masjid Al-Hidayah Bandung

Puspita, Syerliana Dwi (2020) Bimbingan Agama dengan pendekatan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anggota Majelis Taklim Konversi Diniyah : Penelitian di Majelis Taklim konversi Diniyah Al-Ikhlas Masjid Al-Hidayah Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad diperuntukkan bagi umat muslim sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia ini, membaca Al-Qur’an adalah salah satu kewajibannya. Kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an anggota MTKD dikatakan masih harus ditingkatkan karena ada beberapa santri yang masih tidak dapat membedakan makharijul huruf dan belum paham mengenai hukum tajwid. Fokus dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an anggota MTKD Al-Ikhlas (2) Bagaimana proses bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anggota MTKD Al-Ikhlas (3) Bagaimana hasil bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an MTKD Al-Ikhlas Mandalajati. Penelitian ini didasarkan pada konsep bimbingan agama dengan pendekatan kelompok sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anggota MTKD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui gambaran bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terdiri dari unsur bimbingan agama, (2) proses bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dilaksanakan sesuai dengan tahapam bimbingan agama dengan pendekatan kelompok yaitu tahap permulaan, tahap pertengahan, dan tahap akhir, dan (3) hasil dari bimbingan agama dengan pendekatan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an tergolong berhasil terlihat adanya kemajuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan agama dengan pendekatan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anggota MTKD berhasil diterapkan merujuk pada hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan menjadi tolak ukur untuk meningkatkan kualitas bimbingan agama, agar berjalan dengan lebih efektif dan mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Majelis Taklim Konversi Diniyah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Syerlyana Dwi Puspita
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:30
Last Modified: 25 Feb 2021 14:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37322

Actions (login required)

View Item View Item