Tugas dan fungsi Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Bandung dalam upaya mencegah dan menanggulangi tingginya kasus perceraian disebabkan Ekonomi

Salim, Ade Agus (2020) Tugas dan fungsi Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Bandung dalam upaya mencegah dan menanggulangi tingginya kasus perceraian disebabkan Ekonomi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Perceraian disebabkan faktor ekonomi yang terjadi di Kota Bandung beberapa Tahun terakhir mengalami peningkatan. Data ini di peroleh dari hasil laporan tahunan Pengadilan Agama Kota Bandung. Dari data tersebut menunjukan perlu adanya langkah preventif dari pemerintah atau lembaga yang berwenang untuk melakukan upaya dan usaha pembinaan, penasehatan, dan pencegahan perceraian yang lebih tepat sasaran kepada masyarakat dan calon pengantin, agar mampu mencegah dan meminimalisir tingginya tingkat perceraian terutama disebabkan ekonomi. Tujuan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah yaitu 1) untuk mengetahui hubungan ekonomi dengan tingkat perceraian 2) untuk mengetahui setrategi Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam meminimalisisr tingginya kasus perceraian di Kota Bandung. 3) untuk menjelaskan implikasi keberadaan BP4 dalam pelestarian perkawinan di Kota Bandung. Dasar pemikiran dalam penelitian ini adalah sesuai dengan Surat Keputusan Kementrian Agama Nomor 85 Tahun 1961 di akui bahwa BP4 adalah satu satunya Badan yang berusaha dibidang penasehatan perkawinan dan pengurangan perceraian. Dengan Surat Keputusan tersebut BP4 mempunyai peranan penting dalam penanggulangan dan pengurangan perceraian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empris, Jenis penelitian lapangan (Field research). Pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data yaitu data Kualitatif, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. 1) Pengaruh ekonomi dengan tingkat perceraian terbilang tinggi, di karenakan ekonomi merupakan kebutuhan utama yang perlu terjamin ke berlangsungannya dalam suatu rumah tangga 2) Setrategi BP4 dalam menanggulangi dan mencegah tingginya kasus perceraian, yaitu dengan lebih mengoptimalkan program Bimbingan Pra Nikah dan penyuluhan terhadap masyarakat dan Catin 3) sedangkan Implikasi keberadaan BP4 dalam melestarikan perkawinan selain meberikan penyuluhan dan bimbingan pra nikah kepada Catin di awal sebelum perkawinan, setelah berumah tangga BP4 menyediakan pelayanan dan advokasi terhadap masyarakat atau keluarga jika terdapat perselisihan dalam rumah tangga yang mana jika itu terjadi BP4 memberikan bimbingan konseling untuk mengupayakan perdamaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4); Perceraian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perceraian Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Ade Agus Salim
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:35
Last Modified: 24 Feb 2021 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37255

Actions (login required)

View Item View Item