Tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an) di Madrasah Al-Ulfiyah Kadupandak Cianjur: Studi Living Qur’an

Sakinah, Nina Ulfiatus (2020) Tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an) di Madrasah Al-Ulfiyah Kadupandak Cianjur: Studi Living Qur’an. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB1.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy

Abstract

Berinteraksi dengan Al-Qur’an merupakan salah satu pengalaman berharga bagi seorang Muslim yang bisa dilakukan melalui bermacam-macam bentuk kegiatan, salah satunya dengan membaca Al-Qur’an (tadarusan), memahami, dan menafsirkan Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar-belakangi dengan adanya upaya masyarakat untuk senantiasa menjaga tradisi dalam membaca AlQur’an dengan memakai mushaf di Madrasah Al-Ulfiyah Desa Kadupandak Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meneliti minat tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an) di Madrasah Al-Ulfiyah Kadupandak Cianjur, untuk mengetahui dan meneliti proses tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an) di Madrasah Al-Ulfiyah Kadupandak Kabupaten Cianjur dan untuk mengetahui dan meneliti makna dari tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an) di Madrasah AlUlfiyah Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur. Penelitian ini merupakan field research yang menggunakan data kualitiatif, metode deskriptif, pendekatan etnografi, dan pengumpulan data melalui; observasi-partisipasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles and Huberman yaitu dengan cara mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena yang ada terkait faktor-faktor yang mendasari minat membaca Al-Qur’an, proses tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an), dan makna dari tradisi tadarusan (membaca Al-Qur’an) di Madrasah Al-Ulfiyah Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: 1) tradisi tadarusan Al-Qur’an di Madrasah Al-Ulfiyah bermula dengan dilaksanakannya beberapa hal sebelum dan selama membaca Al-Qur’an. Kegiatan ini dilakukan setiap hari sehingga hal tersebut menjadi suatu kebiasaan yang melekat (tradisi) di madrasah tersebut. Adapun kegiatan tradisi pembacaan Al-Qur’an di madrasah tersebut terbagi dalam tiga jenis kegiatan, yakni pembacaan Al-Qur’an secara rutin setiap hari, kajian kandungan Al-Qur’an dan kajian ilmu tajwid dan makhroj setiap seminggu sekali; 2) minat tradisi tadarusan di Madrasah Al-Ulfiyah dipengaruhi oleh beberapa faktor yang digolongkan dalam dua faktor utama, yakni faktor internal dan faktor eksternal; 3) makna tradisi tadarusan Al-Qur’an di Madrasah Al-Ulfiyah terbagi dalam tiga kategori, yakni makna objektif, ekspresif, dan dokumenter. Kata Kunci: Tradisi; Tadarusan Al-Qur’an; Living Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Tadarusan Al-Qur’an; Living Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nina Ulfiatus Sakinah
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:10
Last Modified: 23 Feb 2021 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37245

Actions (login required)

View Item View Item