Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan sensor Accelerometer berbasis smartphone android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran harmonis sederhana

Oktaviani, Oky (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan sensor Accelerometer berbasis smartphone android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran harmonis sederhana. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran LKPD berbasis sensor accelerometer pada smartphone android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode R and D yang dikembangkan oleh borg and Gall yang terdiri dari menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, membuat desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 yang berjumlah 11 orang. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan hasil Uji validasi kepada beberapa ahli merupakan cara untuk melihat kelayakan LKPD dengan rata-rata persentase 89%.Sedangkan data yang diperoleh dari angket respon peserta didik dengan nilai efektivitas pada uji coba terbatas pada LKPD dengan memanfaatkan accelerometer sensor yaitu 86% dan hasil rata-rata nilai efektivitas pada LKPD tanpa memanfaatkan accelerometersensor yaitu 66%. Dengan kriteria sangat baik yang menunjukkan peserta didiksenang menggunakan LKPD pada proses praktikum yang digunakan. Adapun nilai rata-rata efektivitas secara keseluruhan dalam penggunaan LKPD dengan menggunakan sensor accelerometer lebih efektif sebesar 89% sedangkan LKPD tanpa menggunakan sensor accelerometer sebesar 57%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD; accelerometer sensor; evektivitas penggunaan LKPD;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Oky Oktaviani
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:05
Last Modified: 24 Feb 2021 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37243

Actions (login required)

View Item View Item