Pelaksanaan Nisbah bagi hasil pada produk tabungan IB Maslahah dengan akad Mudharabah Mutlaqah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciamis

Aisyah, Ai Yulia Siti (2021) Pelaksanaan Nisbah bagi hasil pada produk tabungan IB Maslahah dengan akad Mudharabah Mutlaqah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh praktik tabungan Mudharabah muthlaqah dalam produk tabungan ib maslahah pada bank jabar banten syariah KCP Ciamis dengan sistem bagi hasil dan nisbah yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Tujuan penilitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses pelaksanaan penetapan nisbah bagi hasil dalam produk Tabungan IB Maslahah melalui akad Mudharabah Muthalaqah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciamis, dan (2) untuk mengetahui Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penetapan nisbah bagi hasil dalam produk tabungan IB Maslahah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciamis. Kerangka beripikir bahwa kerjasama mudharabah salah satu rukunnya adalah nisbah keuntungan. Keuntungan ini akan dibagikan kepada kedua belah pihak sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama. Sebelumnya pihak nasabah dan bank harus menempuh kesepakatan bersama mengenai besaran nisbah dengan adanya tawar-menawar nisbah yang akan diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiftif analisis yang dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan objek penelitian, yakni mengenai penetapan nisbah bagi hasil dalam produk tabungan IB Maslahah melalui akad Mudharabah Muthlaqah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciami.. Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh dengan menerapkan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, sementara analisis datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) pelaksanaan nisbah bagi hasil dalam produk tabungan IB Maslahah Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciami. dengan ketetapan nisbah itu sudah menjadi ketetapan yang diputuskan oleh Bank Jabar Banten Syariah Pusat, sedangkan pihak kantor cabang pembantu hanya melaksanakan penyampaian simulasi keuntungan nisbah yaitu 40% untuk nasabah dan 60% untuk pihak bank. (2) Bahwa pelaksaan nisbah bagi hasil nya itu sesuai dengan ketentuan umum dalam fatwa DSN No. 15/DSN-MUI/IX/2000 tentang Prinsip distribusi hasil usaha dalam lembaga keuangan syariah yang menyatakan pembagian hasil usaha sebaiknya menggunakan prinsip Net Revenue Sharing. Secara hukum ekonomi syariah dalam prinsip muamalah akad yang dilakukan harus didasarkan “antarodhin” yaitu rasa suka sama suka dalam setiap kegiatan muamalah dengan adanya kesepakatan atau negosiasi antara nasabah dengan pihak bank dalam menentukan besarnya keuntungan, dan keuntungannya tersebut diberikan setelah satu tahun periode menabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nisbah Bagi Hasil; Akad Mudharabah Mutlaqah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ai Yulia Siti Aisyah
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:35
Last Modified: 03 Mar 2021 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37215

Actions (login required)

View Item View Item