Peran smartphone dalam proses pembelajaran dikalangan siswa: penelitian pada siswa jurusan IPS SMA Kifayatul Akhyar Kota Bandung

Yanti, Sari Nofi (2019) Peran smartphone dalam proses pembelajaran dikalangan siswa: penelitian pada siswa jurusan IPS SMA Kifayatul Akhyar Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebelum pandemi covid-19, pada saat pembelajaran tatap muka berlangsung, siswa cenderung menggunakan smartphone dalam aktivitas belajar mereka. Tapi, ada juga hambatan siswa menggunakan smartphone dalam belajar yakni larangan dari guru, karena smartphone dapat memberikan pengaruh negatif seperti mengganggu konsentrasi saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penggunaan smartphone dalam proses belajar siswa SMA Kifayatul Achyar. (2) Faktor apa yang mendorong dan menghambat para siswa SMA Kifayatul Akhyar menggunakan smartphone dalam proses belajar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori technological determism (determinisme teknologi) dari Marshall McLuhan bahwa teknologi membentuk individu bagaimana cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat. Dalam penelitian ini teknologi yang difokuskan ialah smartphone, dimana smartphone ini dapat mengubah pola pikir dan perilaku penggunanya. Smartphone dapat mengubah pola perilaku dan pola pikir menjadi negatif ketika digunakan dalam hal-hal negatif dan sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan smartphone dalam proses belajar siswa dan faktor yang mendorong dan menghambat siswa menggunakan smartphone dalam belajar. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer berupa informan yang terdiri dari sembilan orang siswa dan sumber data sekunder berupa buku-buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga alat yaitu observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian dan melakukan penarikan kesimpulan maupun verifikasi. Penelitian ini berlokasi di SMA Kifayatul Akhyar Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Kifayatul Achyar menggunakan smartphone dalam proses pembelajaran. Penggunaan smartphone dalam belajar bertujuan untuk memudahkan mereka dalam belajar seperti mencari tugas dan materi pelajaran dengan menggunakan fitur google. Disamping itu smartphone juga cenderung digunakan untuk hal-hal yang tidak berkaitan dalam pembelajaran seperti bermain game. Adapun faktor yang mendorong siswa menggunakan smartphone dalam belajar yakni tidak memiliki buku sumber, kurang memahami penjelasan dari guru dan smartphone sangat memudahkan meraka dalam mencari tugas. Sedangkan faktor yang menghambat penggunaan smartphone yakni faktor ekonomi karna tidak semua masyarakat memiliki pendapatan yang cukup dan ketidaknyamanan menggunakan smartphone karena mengganggu konsentrasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran; smartphone
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Process > Social Control
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sari Nofti Yanti
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:49
Last Modified: 22 Feb 2021 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37205

Actions (login required)

View Item View Item