Pengaruh leisure boredom dan religiusitas terhadap kecenderungan adiksi internet pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kosasih, Azti Verina Noor Azizah (2021) Pengaruh leisure boredom dan religiusitas terhadap kecenderungan adiksi internet pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa sekarang, manusia sudah semakin akrab dengan internet. Internet yang dapat diakses pada berbagai perangkat memudahkan individu untuk mengakses internet dimana saja. Namun penggunaan internet yang tak terkontrol dapat menimbulkan suatu masalah yaitu adiksi internet. Individu yang tak dapat mengontrol penggunaan internet dengan waktu yang lama serta mengalami masalah hubungan sosial dan mengabaikan dunia nyata dapat menyebabkan kecenderungan adiksi internet. Hal tersebut terlihat pada studi awal kepada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung bahwa dengan kondisi kebosanan saat waktu luang dan religiusitas yang rendah menjadikan mahasiswa tersebut memiliki aspek-aspek dari adiksi internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah leisure boredom dan religiusitas berpengaruh terhadap kecenderungan adiksi internet pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif kausalitas dengan analisis regresi berganda kepada 265 mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 3 yaitu 1) Leisure Boredom Scale yang dikembangkan oleh Iso-Ahola dan Weissinger, 2) The Centrality of Religiousity yang dikembangkan oleh Huber dan Huber, dan 3) Internet Addiction Test yang dikembangkan oleh Young. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama leisure boredom dan religiusitas memiliki pengaruh terhadap kecenderungan adiksi internet pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan besaran pengaruh 5,3%. Sedangkan 94,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial, religiusitas tidak berpengaruh terhadap kecenderungan adiksi internet pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: leisure boredom; religiusitas; kecenderungan adiksi internet.
Subjects: Psychology
Religious Experiences
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Azti Verina Noor Azizah Kosasih
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:19
Last Modified: 18 Feb 2021 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37152

Actions (login required)

View Item View Item