Makna Amr dan Istifham dalam buku al-Qira'ah al-Rasyidah Juz 4 karya Abdul Fatah Shabri dan Ali Umar : Kajian ilmu al-Ma'any

Ramadhanty, Nur Afifah (2020) Makna Amr dan Istifham dalam buku al-Qira'ah al-Rasyidah Juz 4 karya Abdul Fatah Shabri dan Ali Umar : Kajian ilmu al-Ma'any. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy

Abstract

ARAB : كتاب القراءة الرشيدة الجزء الرابع لعبد الفتاح صبرى و على عمر هو عبارة عن مجموعة نصوص باللغة العربية الفصيحة و يحتوى على قصص ملهمة و تعليمية. و منها ﻣﺄخوذة من القصص التاريخية، و ﺁيات من القرﺁن الكريم، و وصية الحبيب طاهر بن الحسين ﻹبنه، الحبيب عبد الله بن طاهر. تحتوى هذه المجموعة من النصوص على ﺃسلوب جميل، ذو معنى فريد و عميق و كذلك صعب فهمه، خاصة فى ﺃقسام ﺃسلوب اﻷمر و اﻹستفهام حتى تكون مثيرة لدراسة. المنهج المستعمل هو علم المعانى كعلم يدرس فيه معنى اﻷسلوب العربي بناء على سياقه و هو فرع من البلاغة. الطريقة المستخدمة هي الطريقة الوصفية التحليلية التى تسمى ﺃيضا الوصف الكمي، ﺃي تحليل البيانات فى ﺃسلوب اﻷمر و اﻹستفهام فى ذلك الكتاب ثم شرحت فى الوصف التفصيلي وفقا لعلم المعانى حتى يفهم معناها. و تقنية جمع البيانات المستخدمة هي تقنية دراسة اﻷدب ﻷن البيانات فى بيانات نوعية. بناء على التحليل ﻓﺄستنتج 10 معانى اﻷمر الموجودة فيه و هي: 1) إهانة، 2) إكرام، 3) واجب، 4) ﺇمتنان، 5) ﺇرشاد، 6) تأديب، 7) تهديد، 8) دعاء، 9) تكوين،10) إعتبار. و 4 معانى اﻹستفهام الموجودة فيه هي: 1) إنكار، 2) نفي، 3) تكريري، 4) ﺃصل. INDONESIA : Buku al-Qira’ah al-Rasyidah Juz 4 Karya Abdul Fatah Shabri dan Ali Umar adalah kumpulan teks berbahasa Arab fushah yang berisi kumpulan kisah inspiratif dan edukatif, diantaranya diambil dari kisah sejarah, ayat al-qur’an, dan wasiat Habib Thahir bin Husen kepada putranya, Habib Abdullah bin Thahir. Kumpulan teks tersebut mengandung gaya bahasa yang indah dengan penyampaian makna yang unik dan dalam serta tidak mudah untuk dipahami terutama pada bagian gaya bahasa amr dan istifham sehingga menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami makna amr dan istifham dalam buku tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah ilmu al-ma’any sebagai ilmu yang mengkaji makna gaya Bahasa Arab berdasarkan konteksnya dan merupakan cabang dari balaghah. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik yang disebut juga deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data berupa uslub amr dan istifham dalam buku tersebut kemudian dijelaskan dengan penjabaran yang rinci sesuai ilmu al-ma’any sehingga dapat dipahami maknanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka karena data berupa data kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat sepuluh makna amr di dalam buku tersebut yaitu: 1) ihanah, 2) ikram, 3) wajib, 4) imtinan, 5) irsyad, 6) ta’dib, 7) tahdid, 8) du’a, 9) takwin, dan 10) i’tibar serta empat makna istifham yaitu: 1) inkary, 2) nafy, 3) taqriry, dan 4) asli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: al-Qira’ah al-Rasyidah Karya Shabri dan Ali Umar; Makna Amr dan Makna Istifham
Subjects: Bahasa Arab
The Book
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Treatment of Language with Person
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Afifah Ramadhanty
Date Deposited: 18 Feb 2021 00:03
Last Modified: 18 Feb 2021 00:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37146

Actions (login required)

View Item View Item