Manajemen pemasaran jasa pendidikan madrasah: Penelitian di MTsN 1 Garut dan MTsN 2 Garut

Nawangsih, Nawangsih (2020) Manajemen pemasaran jasa pendidikan madrasah: Penelitian di MTsN 1 Garut dan MTsN 2 Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Menghadapi era revolusi industri 4.0 lembaga Pendidikan Islam harus mampu menyesuaikan dirinya dengan perubahan zaman yang semakin cepat. Berdasarkan hasil pengamatan awal jumlah peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta, serta Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta yang tersebar di 42 Kecamatan Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat didapat data bahwa animo masyarakat Garut masuk Madrasah Tsanawiyah sangat rendah hanya 37 % jika dilihat dari peserta didik yang terdata. Sisanya 63 % memilih masuk SMP. Selain itu hanya 7 % masyarakat memilih masuk ke Madrasah Tsanawiyah Negeri. Berbeda dengan keadaan di MTs N 1 dan MTs N 2 Garut yang menunjukkan animo yang sangat tinggi peserta didik masuk ke MTs. Melihat dari jumlah peserta didik yang mendaftar dengan peserta didik yang diterima pada kedua Madrasah tersebut yang setiap tahun mengalami peningkatan dan animo yang sangat tinggi maka peneliti tertarik pada Lembaga Pendidikan MTs N 1 Garut dan 2 Garut yang mampu bersaing dengan Pendidikan umum lainnya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kebijakan pemasaran jasa Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Garut, untuk mengetahui perencanaan bauran pemasaran (marketing mix) jasa Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Garut, untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran (marketing mix) jasa Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Garut, untuk mengetahui evaluasi bauran pemasaran (marketing mix) jasa Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya yaitu multisitus. Intrumen penelitian berfokus pada bauran pemasaran jasa Pendidikan. Dalam hal ini posisi peneliti sebagai key instrument. Teknik pengumpulan data melalui observasi (participant observation), wawancara mendalam (indepth interview), Informan dalam wawancara ini adalah, Kepala Sekolah, waka bidang humas, peserta didik dan orangtua peserta didik. Ketiga adalah dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Kebijakan pemasaran jasa pendidikan di MTs N 1 Garut dan MTs N 2 Garut dilakukan oleh waka bidang humas yang bertanggung jawab kepada kepala madrasah. Perencanaan pemasaran jasa Pendidikan dikedua Madrasah disusun dan dilakukan setiap tahun baik dari sisi kegiatan, program, layanan, budgeting dengan identifikasi pasar emosional. Pelaksanaan pemasaran jasa Pendidikan dikedua Madrasah menggunakan konsep Marketing mix yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Kegiatan evaluasi pemasaran jasa Pendidikan dikedua Madrasah secara langsung oleh kepala Madrasah dengan melibatkan semua warga sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; manajemen pemasaran; jasa Pendidikan
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Education an, of Marketing
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nawangsih Nawangsih
Date Deposited: 17 Feb 2021 16:29
Last Modified: 17 Feb 2021 16:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37125

Actions (login required)

View Item View Item