Minat siswa terhadap pembelajaran tematik berbasis daring di masa pandemi Covid-19 : Penelitian deskriptif di MI Al-Ulumiyyah Kabupaten Bogor

Amalia, Indryani (2020) Minat siswa terhadap pembelajaran tematik berbasis daring di masa pandemi Covid-19 : Penelitian deskriptif di MI Al-Ulumiyyah Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi terjadi penyebaran wabah virus covid-19. Social distancing (jarak sosial) menjadi cara alternatif terbesar disetiap negara, termasuk Indonesia untuk pencegahan covid-19. Dampak pandemi yang paling sulit bagi sektor pendidikan ialah pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, khususnya pada pembelajaran tematik di MI Al-Ulumiyyah yang awalnya dilakukan tatap muka menjadi pembelajaran daring (jarak jauh). Sehingga membuat siswa merasa kebingungan dan minat belajar siswa menjadi menurun terutama dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pembelajaran daring yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran tematik siswa MI Al-Ulumiyyah Kabupaten Bogor, serta mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran tematik secara daring. Penelitian ini diharapkan memberikan konstribusi kepada guru, sekolah dan umumnya pembuat kebijakan dalam menyusun, merancang dan mengembangkan pembelajaran secara daring. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa internet sangat berpengaruh besar terhadap masyarakat dalam menggunakan teknologi. Didasari berbagai faktor di masa pandemi covid-19 dengan menerapkan sistem pembelajaran berbasis daring merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterhambatan proses pembelajaran sekaligus mengetahui sejauh mana minat belajar siswa terhadap pembelajaran berbasis daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe deskriptif dimana populasi atau sampel sebagai objeck penelitian dan sifatnya hanya untuk mengetahui satu variabel tanpa membandingkannya dengan variabel lain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner berupa angket dimana peneliti menyusun pertanyaan yang terkait dengan minat siswa terhadap pembelajaran tematik secara daring. Selanjutnya data kuisioner dianalisis dengan menggunakan statistik. Objek penelitian ini berjumlah 65 orang baik laki-laki atau perempuan yang berada di MI Al-Ulumiyyah. Praktik pembelajaran tematik secara daring yang diterapkan menggunakan aplikasi whatsapp group. Hasil penelitian minat siswa terhadap pembelajaran tematik berbasis daring di masa pandemi covid-19 di MI Al-Ulumiyyah menunjukkan minat yang cukup tinggi dengan presentase minat 76,22%. Dari 22 item pernyataan yang diberikan kepada siswa melalui angket, diperolehan nilai yang paling tinggi yaitu item pernyataan nomor satu dengan perolehan persentase nilai 70,8% tentang pembelajaran tematik berbasis daring dengan rasa senang walaupun belajar dari rumah dan perolehan persentase nilai paling rendah terdapat pada item pernyataan nomor 18 tentang pembelajaran tematik online lebih mudah berkomunikasi lewat media online dari pada komunikasi tatap muka dengan perolehan nilai 26,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: minat; pembelajaran tematik;daring
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: indryani amalia
Date Deposited: 27 May 2021 04:08
Last Modified: 27 May 2021 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37069

Actions (login required)

View Item View Item