Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba: studi deskriptif pada lembaga rehabilitasi Saung Kawani Yayasan Grapiks

Muzahidin, Rizal (2020) Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba: studi deskriptif pada lembaga rehabilitasi Saung Kawani Yayasan Grapiks. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti bahwa Pendidikan Agama Islam tidak hanya diterapkan di Lembaga formal saja, akan tetapi di Lembaga nonformal Pendidikanpun sangat diperlukan dalam proses Pendidikan Agama Islam. para pasien rehabilitasi narkoba juga sangat memerlukan peran Pendidikan Agama Islam di dalamnya, hal ini menjadi sebuah upaya pemulihan pasien rehabilitasi narkoba agar kembali kepada jalan yang benar diridhoi oleh Allah SWT dan diterima kembali dilingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertama Tujuan Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba di Saung Kawani Yayasan Grapiks, kedua proses Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba di Saung Kawani Yayasan Grapiks, ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba di Saung Kawani Yayasan Grapiks. Bertolak dari latar belakang dan tujuan penelitan di atas, pemikiran penelitiannya bahwa Pendidikan adalah proses penemuan jatidiri sebagai manusia yang memiliki tanggungjawab untuk membangun kepercayaan diri para pasien agar bangkit dari keterpurukan serta kembali pada ajaran agama yang dianutnya terutama dalam agama Islam. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif, penelitian kualitatif merupakan sebuah metode untuk mengeksplorasi dan memahami “makna” yang berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan dengan pendekatan deskriftif-analitis yang mengungkap proses Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba di Saung Kawani Yayasan Grapiks, dan untuk analisis data nya menggunakan reduksi data, penyajian dan penyimpulan data. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: pertama Tujuan Pendidikan Agama Islam bagi pasien rehabilitasi narkoba adalah agar mereka menjadi muslim sejati, beramal sholeh dan berakhlak mulia bisa berdampingan dan hidup secara damai adil dan makmur dapat di terima oleh masyarakatnya dengan baik dan bijaksana, memiliki keimanan yang kuat kepada Allah Swt. Kedua pelaksanaan program diterapkan dalam bentuk implementasi nilai-nilai keislaman pada proses rehabilitsaiya dianataranya ada niat, taubat, doa, ikhtiar, tawakal bersyukur dan istiqmah. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi terbagi menjadi dua yaitu: faktor pendukung yaitu sumber keuangan dana yang cukup memadai, dukungan dari masyarakat setempat dan pengajar yang kreatif. Serta faktor penghambat, yaitu: residen yang belum memiliki keinginan yang besar untuk sembuh, masih kurang dalam pengetahuan agama, dan sikap yang kurang baik, sarana prasarana yang sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama islam; rehabilitasi; narkoba
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Muzahidin
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:16
Last Modified: 17 Feb 2021 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37061

Actions (login required)

View Item View Item