Analisis semiotika foto PERSIB VS. PERSIJA liga 1 2017: Analisis semiotika Roland Barthes pada foto di kanal galeri media online simamaung.com

Fikri, Muhammad (2020) Analisis semiotika foto PERSIB VS. PERSIJA liga 1 2017: Analisis semiotika Roland Barthes pada foto di kanal galeri media online simamaung.com. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi selalu mengiringi perjalanan fotografi, membuat pembahasan mengenai fotografi selalu berkembang dan memunculkan hal baru. Termasuk pada foto sepak bola yang sebenarnya memiliki banyak makna yang disampaikan, baik dari semangat para pemain, atmosfer pertandingan, motivasi bermain, dan rivalitas antar tim. Maka dari itu, memiliki ketertarikan untuk menganalisis foto yang ada di media online simamaung.com yakni foto Persib Vs. Persija Liga 1 2017 karyaAdil Nursalam. Tujuan penelitian ini adalah guna mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos foto Persib Vs. Persija Liga 1 2017 yang ada di kanal galeri media online simamaung.com karya Adil Nursalam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata lisan maupun tulisan dari orang yang ada di lembaga yang diamati dengan observasi dan wawancara. Teori yang digunakan merupakan analisis semiotika Roland Barthes yang bertujuan untuk mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos, yang diperkuat dengan studi pustaka dan dokumentasi. Didapatkan hasil dari penelitian ini adalah makna denotasi yang menggambarkan pertandingan antara Persib Vs. Persija pada liga 1 2017 memiliki atmosfer pertandingan yang panas, emosional, penuh drama dan banyak kontroversi dalam pertandingan tersebut. Kedua yakni makna konotasi yang menjelaskan makna di balik pertandingan tersebut serta atmosfer pertandingan yang panas dan penuh gengsi dan seluruh foto tidak ada manipulasi yang membuat foto berbeda dengan kenyataannya. Terakhir makna mitos yang merupakan kepercayaan atau anggapan yang telah mengakar dan berkembang di suatu masyarakat tentang pertandingan Persib Vs. Persija yang selalu berakhir ricuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Foto; Persib Vs. Persija; Semiotika; Makna simamaung.com;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Fikri
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:18
Last Modified: 16 Feb 2021 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37053

Actions (login required)

View Item View Item