Pemahaman siswa terhadap materi QS. Al-Mujadalah/58:11 dan hadis tentang menuntut ilmu hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 1 Malingping Kab. Lebak

Irawan, Yesi (2020) Pemahaman siswa terhadap materi QS. Al-Mujadalah/58:11 dan hadis tentang menuntut ilmu hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 1 Malingping Kab. Lebak. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy

Abstract

Hasil penelitian awal yang dilaksanakan peneliti di SMPN 1 Malingping Kabupaten Lebak dengan mewancarai guru mata pelajaran PAI kelas VII, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran pendidikan agama islam pada materi QS. Al-Mujadalah/58:11 dan hadis tentang menuntut ilmu sudah dilakukan dengan cukup baik. Tujuan pembelajaran mampu menjelaskan makna isi kandungan QS. Al-Mujadalah:11 dan hadis terkait, mengidentifikasi ayat dari QS. Al-Mujadalah:11, dan menunjukan perilaku baik yang terdapat dalam QS. Al-Mujadalah:11. Idealnya siswa harus mempunyai akhlak yang baik pada saat mempelajari materi, seperti yang terdapat pada QS. Al-Mujadalah:11 bahwa setiap manusia diharuskan menjaga sopan santun pada sebuah majlis atau pada saat didalam ruangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Pemahaman siswa terhadap materi QS. Al-Mujadalah/58:11 dan terkait; 2) Akhlak siswa sehari-hari; 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi QS. Al-Mujadalah/58:11 dan hadis terkait dengan akhlak siswa sehari-hari. Penelitian ini didasarkan oleh sebuah pemikiran jika pemahaman yang mendalam pada tema pelajaran agama Islam yang dierikan guru serta sumber kognitif akan menambah keterampilan aspek afektif siswa. Aspek afektif disini adalah akhlak peserta didik yang dilaksamakan di kehidupannya sehari-hari dilingkungan sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metide asosiatif korelasional. Respodennya berjumlah 40 siswa kelas VII SMPN 1 Malingping. Alat pengumpulan datanya berupa observasi, tes, kuesioner dan analisa datanya memakai statistic.. Hasil penelitiannya menunjukan: 1) Pemahaman siswa kelas VII di SMPN 1 Malingping terhadap materi QS. Al-Mujadalah/58:11 dan hadis terkait mempunyai nilai mean 61.38. Angka tersebut ada dalam rentang nilai antara 60 – 69. Yang berarti pemahamannya siswa termasuk dalam kategori cukup; 2) Akhlak siswa kelas VII SMPN 1 Malingping mempunyai nilai mean 65,35. Angka tersebut ada dalam rentang nilai antara 60 – 69. Yang berarti pemahamannya siswa termasuk dalam kategori cukup; 3) Hubungan pemahamn siswa pada tema QS. Al-Mujadalah/58:11 dan hadist terkait dengan akhlak siswa 0,72. Nilai tersebut terletak antara 0,60 – 0,80 yang menunjukan tingkat korelasi tinggi. Berdasar pada hasil perhitungannya, terlihat jika derajat pengaruh variabel X ( pemahaman siswa pada materi materi Qs. Al-Mujadalah ayat 11) dan variabel Y (akhlak siswa sehari-hari) ialah 51,84%. Sehingga, bisa disimpulkan jika ada faktor lainnya yakni 48,16% yang bisa memberikan biisa memberikan pengaruh terhadap akhlak siswanya sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa ;QS. Al-Mujadalah/58:11; Hadis; Akhlak;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yesi Irawan
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:59
Last Modified: 17 Feb 2021 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37044

Actions (login required)

View Item View Item