Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil Belajar PAI : Penelitian pada kelas XI SMA Bhakti Negara Cikarang Timur

Maushul, Muhammad (2020) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil Belajar PAI : Penelitian pada kelas XI SMA Bhakti Negara Cikarang Timur. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) untuk mengetahui proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran PAI, 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran PAI. Secara teoritis, model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI karena model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) menuntut siswa belajar aktif, inovatif, dan mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Tentunya model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berkaitan dan erat hubunganna terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan wawancara. Analisis data untuk data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan pendekatan statistic. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) proses penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 85% yang termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada rentang interval 76-100. 2) hasil belajar PAI setelah menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) memiliki nilai rata-rata sebesar 73,9 termasuk dalam kategori baik karena berada pada interval 70-79. 3) peningkatan hasil belajar siswa pada materi taat dan patuh terhadap orang tua dan guru setelah menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada kategori sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,41. Berdasarkan hasil uji-t, peningkatan hasil belajar siswa pada materi taat dan patuh terhadap orang tua dan guru dipandang signifikan. Kata kunci : Model Auditory Intellectually Repetition (AIR), hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Auditory Intellectually Repetition (AIR); hasil belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Maushul
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:04
Last Modified: 17 Feb 2021 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37043

Actions (login required)

View Item View Item