Analisis butir soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Biologi SMA kelas X dan XI MIA tahun pelajaran 2019/2020

Sapitri, Amelia (2020) Analisis butir soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Biologi SMA kelas X dan XI MIA tahun pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas butir soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas butir soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis (aspek isi dan konstruksi) dan analisis empiris (aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas distractor). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini kualitas butir soal UAS Biologi kelas X berdasarkan analisis secara teoritis terdapat 32% kualitasnya baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% kualitasnya tidak baik. Sedangkan pada kelas XI terdapat 52% kualitasnya sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris sebanyak 48% kualitasnya sedang, 20% kualitasnya kurang baik, 16% kualitasnya tidak baik, dan 16% kualitasnya baik. Sedangkan kelas XI terdapat 32% memiliki kualitas yang baik, 24% kurang baik, 20% sedang, 12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan pada soal kelas X yaitu C1 dan C2 saja, sedangkan kelas XI C1, C2, C3,dan C4. Dapat disimpulkan mayoritas kualitas butir soal UAS Biologi kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris kualitasnya sedang, serta mayoritas kualitas butir soal kelas XI secara teoritis merupakan soal yang sangat baik dan secara empiris kualitasnya baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Empiris; Analisis Teoritis; Daring; Kualitas Soal; UAS
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Amelia Sapitri
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:49
Last Modified: 15 Feb 2021 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37023

Actions (login required)

View Item View Item