Analisis konsep etika murid terhadap guru perspektif Syekh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim

Ulfah, Maria (2020) Analisis konsep etika murid terhadap guru perspektif Syekh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang kini semakin marak terjadi di kalangan para pelajar khususnya di Indonesia. Banyaknya kasus yang terungkap dan diangkat oleh media masa tentang perilaku-perilaku yang tidak selayaknya dilakukan membuktikan lemahnya pemahaman dan penerapan etika yang baik dari murid terhadap guru. Padahal guru memiliki peran yang sangat penting bagi murid dalam mencari ilmu, sehingga sudah selayaknya guru diperlakukan istimewa. Pembahasan mengenai etika sudah banyak disinggung oleh para cendekiawan dalam masing-masing karyanya, salah satunya tertuang dalam kitab Ta’lim Muta’allim karangan Syekh az-Zarnuji yang hingga kini masih banyak dikaji dilembaga-lembaga pendidikan khususnya pesantren. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan etika dalam mencari ilmu menurut ilmu pendidikan, 2) peran guru dalam mencari ilmu menurut ilmu pendidikan, 3) etika murid terhadap guru perspektif Syekh az-Zarnuji yang teruang dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian dilakukan tanpa membutuhkan data lapangan, dengan demikian bahan-bahan perpustakaan seperti buku dan jurnal menjadi data utama yang diteliti. Adapun sumber data primer pada penelitian ini adalah kitab Ta’lim Muta’allim karangan Syekh az-Zarnuji, sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah buku serta jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa dasar-dasar penerapan etika menurut ilmu pendidikan sudah tercantum dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan dapat diwujudkan melalui pendidikan budi pekerti dan program 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). Peran guru dalam mencari ilmu menurut ilmu pendidikan begitu banyak dan penting bagi murid, sebab guru tidak hanya sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), namun juga memberikan nilai (transfer of value). Adapun etika murid terhadap guru yang termuat dalam kitab Ta’lim Muta’allim adalah: 1) memilih guru, 2) hendaknya murid tidak duduk di dekat guru, 3) hendaknya murid tidak berjalan mendahului guru, 4) tidak menempati tempat duduk guru, 5) tidak memulai berbicara kepada guru kecuali apabila telah diizinkan, 6) tidak banyak berbicara dihadapan guru, 7) tidak bertanya mengenai suatu hal apabila guru sedang dalam keadaan lelah atau bosan, 8) hendaknya mampu menjaga waktu, 9) tidak mengetuk pintunya dan menunggu hingga keluar, 10) mencari kerelaan hati guru, 11) menghindari hal-hal yang mendatangkan murka atau marahnya guru, 12) senantiasa patuh terhadap perintah guru selama tidak bertentangan dengan agama, 13) menghormati keluarga serta kerabat guru, dan 14) tidak menyakiti hati guru. Kata kunci: etika murid terhadap guru, Syekh az-Zarnuji, kitab Ta’lim Muta’allim

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Etika Murid terhadap Guru; Syekh Az-Zarnuji; Kitab Ta'lim Muta'allim
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maria Ulfah
Date Deposited: 11 Feb 2021 08:06
Last Modified: 11 Feb 2021 08:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36992

Actions (login required)

View Item View Item