Implementasi program Kangpisman (Kurangi, Pisahkan,dan Manfaatkan) sampah di Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo Kota Bandung

Putra, Giovanni Reinanda (2020) Implementasi program Kangpisman (Kurangi, Pisahkan,dan Manfaatkan) sampah di Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan suatu hal yang harus bisa dikurangi dikurangi dengan baik karena agar bisa terhindar dari adanya sebuah bencana. Misalnya adanya bencana tanah longsor, banjir dan lain-lain yang bisa menyebabkan terjadinya sebuah malapetaka yang bisa mengakitbatkan banyak korban. Kangpisman merupakan salah satu program yang dibuat untuk mengurangi dan bisa memanfaatkan sampah dengan baik dan benar. Oleh sebab itu maka Program Kangpisman ini harus bisa berjalan baik di Kelurahan Pakemitan. Program Kangpisman sudah didukung dengan adanya Peraturan Walikota Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Daerah Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dan didukung dengan adanya Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Pengolahan Sampah. Prinsip dari adanya Program Kangpisman adalah untuk mengurangi sampah yang ada di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Program Kangpisman di Kelurahan Pakemitan. Teori yang dipakai adalah mengacu pada variabel yang dapat memengaruhi keberhasilan dan kesuksesan implementasi dari Van Horn dan Van Meter. Terdapat enam dimensi yaitu sebagai berikut: peraturan dan standar yang jelas, sumber daya, kualitas hubungan interorganisasional, karakteristik organisasi atau lembaga pelaksana, lingkungan sosial, ekonomi dan politik, disposisi/tanggapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lalu menggunakan teknik pengumpulan data dengan, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi (Verivication). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program Kangpisman sudah berjalan dengan cukup baik. Namun ada beberapa hal yang masih belum berjalan dengan efektif yaitu sebagai berikut: (1) Masih kurangnya masyarakat khususnya ibu-ibu dalam mengikuti Program Kangpisman, karena para ibu-ibu mempunyai pandangan bahwa kalau mengurusi sampah itu kotor, bau dan bisa menimbulkan sebuah penyakit. (2) sumber daya manusia atau tenaga masih kurang, karena masih ada banyaknya ibu-ibu yang masih belum bisa membuat inovasi dan kreasi kerajinan tangan dari bahan sampah. upaya yang harus dilakukan pegawai dan anggota Bank Sampah Kelurahan Pakemitan adalah harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dan mengerti akan adanya Program Kangpisman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi ; Program Kangpisman
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Giovanni Reinanda Putra
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:43
Last Modified: 08 Feb 2021 04:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36891

Actions (login required)

View Item View Item