Manajemen Pemasaran Pendidikan (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Kabupaten Sumedang)

Akbar Istiqlal, Akbar (2017) Manajemen Pemasaran Pendidikan (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Kabupaten Sumedang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga pendidikan Islam tingkat menengah di Indonesia membutuhkan manajemen pemasaran pendidikan agar mampu menghasilkan peserta didik baru dalam segi kualitas dan kuantitas ditengah persaingan global. Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor yaitu Madrasah yang memiliki keunggulan dalam produk, promosi, layanan dan citra lembaga pendidikan, dengan demikian dibutuhkan manajemen pemasaran pendidikan agar tujuan pendidikannya dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar alamiah, perencanaan pemasaran pendidikan, pengorganisasian pemasaran pendidikan, pelaksanaan pemasaran pendidikan, pengawasan pemasaran pendidikan, hasil pemasaran pendidikan dan faktor penunjang penghambat di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor. Manajemen Pemasaran Pendidikan adalah suatu aktivitas lembaga pendidikan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan tujuannya, nilai, produk dan menawarkan mutu layanan intelektual dan pembentukan watak secara menyeluruh kepada siswa, orang tua, staf dan masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah penafsiran deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, analisis kasus negative, kecukupan referensi, uraian rinci, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, pengecekan anggota dan auditing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor ditinjau dari segi pemasaran merupakan lembaga pendidikan yang dominan menggunakan pemasaran langsung. Perencanaan pemasaran pendidikan dilakukan setiap menjelang penerimaan peserta didik baru meliputi perumusan visi misi lembaga, segmentasi dan penempatan pasar, penempatan posisi produk, dan penentuan harga pemasaran pendidikan. Pengorganisasian Pemasaran Pendidikan dilakukan untuk menyusun organisasi pemasaran dan pembinaan anggotanya. Pelaksanaan pemasaran pendidikan dilakuakan secara komitmen sesuai dengan aturan yang telah direncanakan meliputi promosi dan komunikasi serta penyampaian atau distribusi. Promosi dan komunikasi dilakukan melalui periklanan, informasi dari mulut ke mulut, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung serta Penyampaian atau distribusi. Pengawasan pemasaran pendidikan dilakukan untuk membahas pengawasan rencana-tahunan, profitabilitas, efisiensi dan strategis pemasaran pendidikan sebagai bahan rekomendasi untuk pemasaran selanjutnya. Hasil Manajemen Pemasaran Pendidikan yakni peningkatan jumlah pendaftar dari tahun ke tahun. Faktor Penunjang dan Penghambat yaitu dapat dilihat dari aspek bauran pemasaran yakni produk, harga, lokasi dan promosi. Kata Kunci : Manajemen, Pemasaran Pendidikan, Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemasaran Pendidikan, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Market Research, Market Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akbar istiqlal istiqlal
Date Deposited: 22 May 2017 00:57
Last Modified: 22 May 2017 00:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item