Pemanfaatan Media Software Tracker Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Impuls dan Momentum di SMKN 1 Soreang

Agustin, Furi Chorina and Dirgantara, Yudi and Nuryantini, Ade Yeti (2017) Pemanfaatan Media Software Tracker Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Impuls dan Momentum di SMKN 1 Soreang. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 2 (1). pp. 17-22. ISSN 2580-3107

[img]
Preview
Text
jurnal Pemanfaatan Media Software Tracker....pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ade Yeti N_Peer Review 1&2_Pemanfaatan Media Software Tracker.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ade Yeti N_Turnitin_Jurnal 17 Pemanfaatan Media Software Tracker.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jtlp/articl...

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya pemanfaatan media pembelajaran saat proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga peserta didik hanya dilatih pada kemampuan kognitif saja sedangkan untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan berpikir kritis masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan pemanfaatkan media Software Tracker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pemanfaatan media Software Tracker pada materi impuls dan momentum. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperiment dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis peserta didik materi impuls dan momentum untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji t terhadap nilai n-gain yang dinormalisasi dari nilai pretest dan postest peserta didik menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat setelah memanfaatkan media Software Tracker saat pembelajaran. Hasil penelitian ini dibuktikan dari nilai signifikan uji ttabel sebesar 1,691 sedangkan thitung sebesar 24,53 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media Software Tracker pada materi impuls dan momentum memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, Software Tracker, impuls dan momentum.
Subjects: Special Computer Methods
Elementary Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:03
Last Modified: 03 Feb 2021 15:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36814

Actions (login required)

View Item View Item