Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Model Learning Cycle 5e untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkunga

Nurlatifah, Cica Aisyah and Kurniati, Tuti and Maspupah, Meti (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Model Learning Cycle 5e untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkunga. Bioeduin Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 7 (2). pp. 8-13. ISSN 2615-0417

[img]
Preview
Text
Artikel_Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Model Learning Cycle 5e untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tuti Peer 1&2_Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu LKS atau menyempurnakan LKS yang telah ada.Pada tahap uji coba LKS akhir, LKS yang dikembangkan mulai diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Metode ini menggunakan satu kelas sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihana ganda, angket validasi, dan angket respon. Setelah melalui proses analisis data, maka hasil penelitian menunjukan: Penyusunan LKS berbasis model learning cycle 5 E menggunakan model Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) pada tahap pengembangan di validasi, oleh ahli dengan skor rata-rata 0,88 dengan kategori valid dan validasi oleh sepuluh orang siswa dengan skor rata-rata 0,98 dengan kategori valid, dengan demikian LKS ini sudah bisa di implementasikan dalam pembelajaran disekolah; LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Hal ini didasarkan hasil N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dalam pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan menunjukan respon positif. Hal ini didasarkan pada analisis angket respon siswa yang memperoleh skor siswa rata-rata 3,64 dengan klasifikasi tinggi. Simpulan pengembangan LKS berbasis model learning cycle 5 E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Siswa, Learning Cycle 5 E, Pencemaran Lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:56
Last Modified: 02 Feb 2021 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36763

Actions (login required)

View Item View Item