Strategi Fundraising dalam meningkatkan kepercayaan Wakif pada Pondok Pesantren Darussalam Narunggul: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya

Maulidah, Anggiani Syarifatul (2020) Strategi Fundraising dalam meningkatkan kepercayaan Wakif pada Pondok Pesantren Darussalam Narunggul: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren ini merupakan lembaga pendidikan yang berdiri melalui tanah wakaf. Sejak diwakafkan, pondok pesantren Darussalam Narunggul terus mengalami pertumbuhan dan kemajuan yang meningkat. Jumlah aset dan kekayaan pondok terus bertambah, demikian pula dengan ketertarikan masyarakat untuk menuntut ilmu di pondok ini terus tumbuh dan kepercayaan masyarakat terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi fundraising yang terdiri dari formulasi, implementasi serta evaluasi strategi yang berada di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul dalam meningkatkan kepercayaan wakif. Dalam meningkatkan kepercayaan wakif pada pondok pesantren, maka dibutuhkan suatu konsep strategi fundraising agar terwujudnya cita-cita pondok pesantren, juga dapat berkontribusi dalam membantu masyarakat di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sehingga data yang terkumpul diklasifikasikan, kemudian di analisis untuk memperoleh rumusan yang baik dan benar melalui pola berfikir deduktif dan induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi fundraising yang diterapkan oleh pondok pesantren Darussalam Narunggul terdapat 3 tahapan strategi diantaranya terdiri dari formulasi strategi fundraising dengan merumuskan visi misi dan menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan tantangan). Kemudian implementasi strategi fundraising yang dilakukan oleh pondok pesantren Darussalam Narunggul yaitu melaksanakan seluruh kinerja dan menjalankan program yang sudah direncanakan. Selanjutnya evaluasi strategi fundraising untuk mengetahui keberhasilan pondok pesantren Darussalam Narunggul dalam menerapkan formulasi strategi dan implementasi strategi, sehingga dapat diketahui hal apa saja yang harus dipertahankan dan diperbaiki di masa yang akan datang Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, banyak hal yang menunjang terlaksananya dan ada pula hal yang menghambat berjalannya strategi fundraising dalam meningkatkan kepercayaan wakif pada pondok pesantren Darussalam Narunggul. Walaupun dalam prosesnya terkadang mengalami kendala, namun strategi yang diterapkan terbilang cukup baik dalam penghimpunan dana wakaf di pondok pesantren Darussalam Narunggul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising; Kepercayaan Wakif; Pondok Pesantren
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: anggiani syarifatul maulidah
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:30
Last Modified: 02 Feb 2021 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36752

Actions (login required)

View Item View Item