Bahasa Agama di Media Sosial: Analisis Framing pada Media Sosial “Islam Populer”

Fakhruroji, Moch and Rustandi, Ridwan and Busro, Busro (2020) Bahasa Agama di Media Sosial: Analisis Framing pada Media Sosial “Islam Populer”. Jurnal Bimas Islam, 13 (2). pp. 203-234. ISSN ISSN 2657-1188 (online) ISSN 1978-9009 (print)

[img]
Preview
Text
Jurnal BIMAS.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bahasa_Agama_peer-review.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bahasa Agama di Media Sosial__turnitin.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/index.php/jb...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahasa agama di media sosial yang dikontstruksi oleh akun Islam Populer. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis teks media. Analisis media package dilakukan dengan metode analisis framing model William A. Gamson dan Modigliani. Unit analisis dilakukan terhadap core frame dan condensing symbol pada akun “Islam Populer” baik di kanal Youtube, Fanpage Facebook maupun Instagram. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengemasan bahasa agama pada akun “Islam Populer” dilakukan dengan merujuk pada sumber normativitas Islam, yakni alqurân dan alhadîts. Konstruksi bahasa agama di media sosial dibangun sebagai sebuah praktik keagamaan yang dikemas melalui serangkaian simbol baik bersifat verbal maupun non verbal. Dalam konteks budaya siber, konstruksi gagasan ini dilakukan dengan membentuk ulang realitas secara subjektif. Realitas subjektif terbangun melalui rekayasa teks dan image. Pada titik inilah, bahasa agama di media sosial menjadi sebuah imagologi keagamaan yang berada pada wilayah ambiguitas, yakni antara wilayah sakral dan profan.

Item Type: Article
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Communications Networks
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Moch Fakhruroji
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:09
Last Modified: 01 Feb 2021 08:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36736

Actions (login required)

View Item View Item