Desain pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan starter kefir berorientasi kemampuan 4C (Creative, Critical thinking, Collaboration, and Communication)

Karlina, Meylani (2020) Desain pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan starter kefir berorientasi kemampuan 4C (Creative, Critical thinking, Collaboration, and Communication). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C termasuk dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya desain pembelajaran yang tepat untuk dapat mengembangkan kemampuan 4C mahasiswa pada mata kuliah kimia fermentasi didukung dengan penggunaan bahan ajar yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis validasi produk desain pembelajaran pada pembuatan VCO dengan starter kefir berorientasi kemampuan 4C. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) melalui dua tahapan yaitu identifikasi masalah, dan pengembangan prototype produk. Produk desain pembelajaran yang dihasilkan berupa lembar kerja yang disusun sesuai tahapan model pembelajaran berbasis proyek dan instrumen penilaian kemampuan 4C mahasiswa. Prosedur dalam lembar kerja ditentukan melalui hasil uji coba prosedur pembuatan dan karakteristik VCO. Hasil uji validasi terhadap lembar kerja dinyatakan valid, dengan nilai rata-rata r hitung 0,89 dengan interpretasi validasi tinggi, dan untuk instrumen penilaian kemampuan 4C memiliki nilai r hitung 0,76 dengan interpretasi validasi cukup tinggi. Hal tersebut mengidentifikasikan bahwa lembar kerja dan instrumen penilaian yang dihasilkan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dan penilaian dalam pembelajaran untuk tugas proyek pada mata kuliah kimia fermentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran; Kefir; Keterampilan 4C, Lembar kerja proyek; Virgin Coconut Oil;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Meylani Karlina
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:20
Last Modified: 29 Jan 2021 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36693

Actions (login required)

View Item View Item