Keterampilan Argumentasi pada Pembelajaran Materi Sistem Respirasi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write

Rahayu, Meilyna and Kurniati, Tuti and Yusup, Iwan Ridwan (2018) Keterampilan Argumentasi pada Pembelajaran Materi Sistem Respirasi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write. Jurnal Bio Educatio, 3 (2). pp. 50-58. ISSN 2541-4097

[img]
Preview
Text
Artikel_Keterampilan Argumentasi pada Pembelajaran Materi Sistem Respirasi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tuti Peer 1&2_Keterampilan Argumentasi Pada Pembelajaran Materi Sistem Respirasi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kemampuan argumentasi dan respon siswa terhadap penggunaan model Think Talk Write. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Pre experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas berjumlah 30 siswa yaitu siswa kelas XI IPA SMA Plus Al-Hasan Banjarsari. Teknik pengumpulan data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan argumentasi siswa dengan perolehan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,64 kategori sedang. Adapun keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa diperoleh masing-masing nilai rata-rata sebesar 86,66% dan 85,48% kategori sangat baik. Respon siswa dalam pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,13% kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi sistem respirasi manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model Think Talk Write, kemampuan argumentasi, sistem respirasi
Subjects: Christianity > Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 28 Jan 2021 18:30
Last Modified: 02 Feb 2021 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36673

Actions (login required)

View Item View Item