Hubungan antara aktivitas pencampuran warna dengan kemampuan sains anak usia dini : Penelitian di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang

CitraResmi, Shopia Nurul (2020) Hubungan antara aktivitas pencampuran warna dengan kemampuan sains anak usia dini : Penelitian di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang bahwa terdapat 8 dari 14 anak memiliki kendala kesenjangan antara tingginya aktivitas pencampuran warna dengan rendahnya perkembangan sains anak usia dini, di satu sisi dalam mengikuti aktivitas pencampuran warna anak terlihat semangat, antusias, dan gembira. Tetapi di sisi lain dalam perkembangan sains anak usia dini terdapat sebagian anak yang masih belum berkembang secara optimal seperti anak belum bisa mengamati, memprediksi, berimajinasi, dan berkreativitas lebih tepatnya yang ada di lapangan anak tidak memunculkan ide baru. Kondisi demikian merupakan masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) realitas aktivitas pencampuran warna di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang (2) realitas kemampuan sains anak usia dini di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang (3) realitas hubungan antara aktivitas pencampuran warna dengan kemampuan sains anak usia dini di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang . Pada masa usia dini seluruh potensi dan aspek perkembangan dapat dikembangkan secara optimal, salah satu nya aspek perkembangan sains anak usia dini. Perkembangan sains anak usia dini yang mengalami masalah dapat ditangani melalui stimulus yang di berikan oleh guru maupun orang tua. Salah satu aktivitas yang dapat digunakan untuk menstimulus perkembangan sains anak usia dini adalah aktivitas pencampuran warna. Aktivitas pencampuran warna ini menuntut anak untuk mengamati, memprediksi, berimajinasi dan berkreativitas hasil pencampuran warna. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa-siswi kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang yang berjumlah 22 orang pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dengan analisi parsial dan korelasi. Hasil analisis data pada variabel Aktivitas Pencampuran warna penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pencampuran warna berada pada kategori baik dengan nilai 74 angka tersebut ada pada tabel interval 70-79 dan kemampuan sains anak usia dini berada pada kategori cukup dengan nilai 64 angka tersebut ada pada interlval 60-69. Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas pencampuran warna dengan kemampuan sains anak usia dini di kelompok A Raudhatul Athfal Al-Munawwaroh Sumedang, dengan hubungan yang sedang/cukup pada harga koefisien korelasi 0,48 yang berada pada interval 0,400-0,599. Kontribusi yang diberikan aktivitas pencampuran warna terhadap kemampuan sains anak usia dini sebanyak 23% sisanya 77% di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pencampuran warna; sains; anak usia dini
Subjects: Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Shopia Nurul Citraresmi
Date Deposited: 25 Jan 2021 05:51
Last Modified: 25 Jan 2021 05:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36520

Actions (login required)

View Item View Item