Tradisi penulisan Azimah pada hari rabu akhir di bulan Shafar: Kajian Living hadis di Pondok Pesantren Mathla'unnajah Kecamatan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang

Thoyib, Ellly Hafifah (2020) Tradisi penulisan Azimah pada hari rabu akhir di bulan Shafar: Kajian Living hadis di Pondok Pesantren Mathla'unnajah Kecamatan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

kajian living hadis meruapakan suatu hal yang menarik dalam fenomena dan praktik sosio-kultural yang kemunculannya diilhami oleh hadis-hadis yang ada di masa lalu menjadi masa kini, seperti tradisi azimah adalah suatu tradisi yang terus menerus yang diwariskan sampai kini, pelaksaan tradisi tersebut dilakukan di pondok pesantren Mathla'unnajah pada hari Rabu akhir di bulan Shafar. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan living hadis. adapun teknik pengumpulan yang mencakup sepeti, observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik menyalin. dan analisis data digunakan dalam skripsi ini menggunakan deskriptif untuk menyampaikan dan menjelaskan maksud mengenai penulisan azimah. hasil penelitian bahwa masyarakat pondok pesantren Mathla'unnajah memahami penulisan azimah karena mengambil keberkahan untuk itu mereka menuliskan aziman dengan tulisan ayat-ayat al-Quran yang sudah ditentukan, hal tersebut untuk terhindari dari bala' dan musibah dan sumber penulisan azimah dari kitab Mujarobat karya Syaikh Ahmad Dairabi al-Kabir dan kitab Kanzun Najah Wassurus karya Syaikh Al-Khatib al-Baligh Abdul al-Hamid bin Muhammad Ali al-Maliki al-Syafi'i. adapun analisa dari temuan di atas penulis mendapatkan bahwa praktik penulisan azimah ini berdasarkan klaim tentang hadis terkait sebagai sebatas kutipan bahwasannya pada hari Rabu akhir bulan Shafar adalah hari Naas atau sial, kaena itu mereka melakukan shalat sunnah, penulisan azimah, sedekah dan memperbanyak berdoa. praktik seperti ini adalah pelaksaan living hadis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Living Hadis; Azimah; Pondok Pesantren
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Elly Hafifah Thoyib
Date Deposited: 02 Mar 2021 01:21
Last Modified: 02 Mar 2021 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36497

Actions (login required)

View Item View Item