Pengaruh penerapan elemen-elemen Fraud Pentagon terhadap penurunan gejala kecurangan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2014-2018

Fauziah, Elsa Siti (2021) Pengaruh penerapan elemen-elemen Fraud Pentagon terhadap penurunan gejala kecurangan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2014-2018. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Teori agensi menghendaki adanya pemberian wewenang dari pemegang saham selaku principal kepada manajemen selaku agent dimana manajemen bekerja untuk kepentingannya. Pemegang saham mengharapkan return yang tinggi sementara manajemen mengharapkan maksimalisasi kesejahteraannya. Perbedaan kepentingan tersebut menimbulkan asimetri informasi sehingga manajemen kerap melakukan tindakan fraud dengan manipulasi laporan keuangan agar kinerja perusahaan nampak baik bagi calon investor dan memperlihatkan adanya return atas investasi yang dijanjikan bagi para investor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan elemen-elemen Fraud Pentagon terhadap penurunan gejala kecurangan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Terdapat lima elemen yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan yaitu pressure (tekanan), opportunity (kesempatan), rationalization (rasionalisasi), competence (kemampuan), dan arrogance (arogansi). Data yang digunakan berupa data sekunder laporan keuangan tahunan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2014-2018. Metode penelitian yang digunakan dengan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pressure yang diproksikan dengan return on asset (ROA), opportunity yang diproksikan dengan nature of industry, rationalization yang diproksikan dengan TATA, competence yang diproksikan dengan change in director, dan arrogance yang diproksikan dengan CEO’s picture berpengaruh terhadap penurunan gejala kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fraud Pentagon; Fraud Score (F-Score); Kecurangan Laporan Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Elsa Siti Fauziah
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:48
Last Modified: 19 Jan 2021 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36408

Actions (login required)

View Item View Item